10 Manfaat Genjer dan Cara Memasaknya

genjer inewsonline.co.id
Genjer (Foto Web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Genjer, kelayan atau eceng (Limnocharis flava) jenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Biasanya ditemukan bersama-sama dengan Eceng Gondok.

 Dalam bahasa internasional dikenal sebagai limnocharissawah-flower rushsawah-lettucevelvetleafyellow bur-head, atau cebolla de chucho.

Terna tahunan yang dapat mencapai tinggi setengah meter ini mudah ditemukan di perairan dangkal seperti sawah atau rawa. Rimpang tebal dan tegak, terbenam dalam lumpur, daun tegak atau miring, tidak mengapung,  tangkainya panjang dan berlubang, helainya bervariasi bentuknya; mahkota bunga berwarna kuning dengan diameter 1,5cm, kelopak bunga hijau.

Baca Juga: Wow! Ayam Pelung Wanaraja Garut Menyebar ke Luar Pulau Jawa

Tumbuhan ini dapat menjadi gulma sawah yang serius jika tidak ditangani segera. Pemanfaatannya dapat membantu mengendalikan populasinya. Walaupun biasanya tidak intensif dibudidayakan, dapat dilakukan secara vegetative walaupun bijinya pun dapat ditanam. Tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun.

Genjer mempunya kandungan gizi yang tinggi.

  1. Serat

Tumbuhan ini sama halnya dengan sayuran hijau lain yang sama-sama mengandung serat yang tinggi.

Mengonsumsi tanaman ini dengan rutin bisa memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

genjer inewsonline.co.id
Genjer (Foto Web)
  1. Protein

Kandungan protein cukup tinggi. 100 gram Genjer memiliki kandungan protein sebesar 1,7 gr.

Jumlah yang cukup banyak untuk kandungan protein di dalam sayuran hijau.

Protein ini, di dalam tubuh dapat berguna untuk pembentukan massa otot, menambah stamina dan tenaga, sebagai sumber energi, dan pengikat lemak di dalam tubuh.

  1. Kalsium

Dalam 100 gr penyajian sayurnya terkandung 62 mg kalsium yang baik untuk tubuh. 

Manfaat kalsium antara lain membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan mencegah osteoporosis.

  1. Fosfor

Fosfor sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang, terutama bila dipadukan dengan kalsium. Dalam 100 gr sayur ini terkandung fosfor sebanyak 33 mg.

Fosfor bersama dengan kalsium yang ada di dalam tubuh dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis, menambah dan meningkatkan kekuatan tulang, serta menjaga kesehatan tulang

  1. Zat Besi

Dalam 100 gr penyajian sayur ini terdapat 2,1 mg zat besi, yang bermanfaat  dalam pembentukan sel darah. Juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

  1. Menjaga Sistem Imun

Sistem imun yang baik harus dijaga agar tubuh dapat melawan patogen yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Sayuran ini sangat kaya vitamin A dan beta-karoten (pigmen alami yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Selain itu, batang dan daun genjer juga kaya akan vitamin C.

Baik vitamin A dan vitamin C merupakan vitamin yang sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh dan dapat bertindak sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Selain baik untuk sistem imun, kandungan vitamin A dan beta-karoten juga sangat baik untuk kesehatan mata.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan penglihatan hingga meningkatkan risiko katarak.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu penyebab masalah kulit adalah paparan sinar matahari dan juga radikal bebas. Sayurna hijau ini dengan kandungan antioksidannya dapat membantu menangkal radikal bebas ini sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

  1. Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Manfaat selanjutnya adalah dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C dalam sayuran ini. Vitamin C dipercaya sebagai salah satu vitamin yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga kemungkinan berkontribusi dalam manfaat yang satu ini. Makanan yang tinggi serat larut dapat membantu menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) atau dalam bahasa awam disebut “lemak jahat” dalam darah.

  1. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi di mana kadar sel darah merah rendah.

Salah satu cara untuk mencegah anemia adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau yang kaya akan zat besi. Tumbuhan ini dapat menjadi salah satu pilihan sayuran tersebut.

Efek Samping Genjer

Selain memiliki manfaat, sayuran ini juga dapat memberikan efek negatif yang perlu diwaspadai.

Berikut adalah efek samping yang mungkin terjadi akibat konsumsi sayuran ini:

Meningkatkan kadar asam urat

Seseorang yang memiliki penyakit gout sebaiknya menghindari sayuran ini karena kandungan purin di dalamnya dapat meningkatkan asam urat.

Dapat membawa parasit

Sayuran ini dapat membawa telur parasit apabila tidak diperhatikan kebersihannya. Pastikan Anda mencuci dengan bersih dan memasaknya hingga benar-benar matang sebelum mengonsumsinya.

Reaksi alergi

Jika muncul reaksi seperti ruam, gatal, hingga sesak napas setelah mengonsumsi sayuran ini, maka dapat mengindikasikan reaksi alergi. Hentikan konsumsi apabila reaksi ini muncul.

Manfaat di atas adalah manfaat yang didapat berdasarkan kandungan nutrisi yang ada dalam sayuran ini. Belum ada bukti ilmiah tentang bagaimana efek konsumsi untuk kesehatan dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

Jika ingin mengonsumsi genjer, pastikan konsumsinya tidak berlebihan. Apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum mengonsumsi sayuran satu ini.

Tips Memasak:

Pilih daunnya yang masih muda. Untuk bagian bunganya, pastikan kuntumnya juga masih muda dan belum mekar, ditandai dengan tekstur yang masih empuk pada bagian kuntumnya.

Jika bunganya sudah tua, setelah dimasak pun teksturnya agak keras dan alot, serta rasanya agak getir/pahit.

genjer inewsonline.co.id
Genjer (Foto Web)

Untuk mengurangi rasa pahit, rebus dulu sebelum dimasak atau taburi garam, remas-remas, kemudian bilas kembali. Semoga Bermanfaat.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here