10 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Anda

kedelai inewsonline.co.id
Kacang Kedelai (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Kedelai merupakan salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan. Diantaranya, kecap, tahu dan tempe.

Konon, berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur.

Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kacang-kacangan ini praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.

Baca Juga: 7 Manfaat Jambu Monyet untuk Anda

Bahan baku Tempe ini yang dibudidayakan adalah Glycine max yang merupakan keturunan domestikasi dari spesies moyang, Glycine soja. Dengan versi ini, G. max juga dapat disebut sebagai G. soja subsp. max. Kedelai merupakan tanaman budidaya daerah Asia subtropik seperti Cina dan Jepang.

kedelai inewsonline.co.id
Kacang Kedelai (foto web)

Kedelai dibudidayakan di lahan sawah maupun lahan kering (ladang). Penanaman biasanya dilakukan pada akhir musim penghujan, setelah panen padi.

Pengerjaan tanah biasanya minimal. Biji dimasukkan langsung pada lubang-lubang yang dibuat. Biasanya berjarak 20–30 cm. Pemupukan dasar dengan pupuk yang mengandung nitrogen dan fosfat diperlukan, namun setelah tanaman tumbuh penambahan nitrogen tidak memberikan keuntungan apa pun.

Lahan yang belum pernah ditanami kedelai dianjurkan diberi “starter” bakteri pengikat nitrogen Bradyrhizobium japonicum untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Pembumbunan tanah dilakukan pada saat tanaman remaja (fase vegetatif awal), sekaligus sebagai pembersihan dari gulma dan tahap pemupukan fosfat kedua.

Menjelang berbunga pemupukan Kalium dianjurkan walaupun banyak petani yang mengabaikan untuk menghemat biaya.

Tanaman ini dikenal dengan berbagai nama: sojaboon (bahasa Belanda), sojasoja bohne (bahasa Jerman), soybean (bahasa Inggris), kedele (bahasa Indonesia sehari-hari, bahasa Jawa), kacang ramangkacang bulukacang gimbolretak mejongkaceng bulukacang jepundekenanademekun, dele, kadele, kadang jepun, lebui bawak, lawui, sarupapa tiak, dole, kadule, puwe mon, kacang kuning (Sumatra bagian Utara) dan gadelei

Kedelai merupakan terna dikotil semusim dengan percabangan sedikit, sistem perakaran akar tunggang, dan batang berkambium. Kedelai dapat berubah penampilan menjadi tumbuhan setengah merambat dalam keadaan pencahayaan rendah.

kedelai inewsonline.co.id
Kacang Kedelai (foto web)

Khususnya kedelai putih dari daerah subtropik, juga merupakan tanaman hari pendek dengan waktu kritis rata-rata 13 jam. Berbunga apabila pada masa siap berbunga panjang hari kurang dari 13 jam. Ini menjelaskan rendahnya produksi di daerah tropika, karena tanaman terlalu dini berbunga.

Berikut manfaat dan khasiat Kacang bagi kesehatan:

  • Menjaga Metabolisme Tubuh

Kacang ini mengandung cukup banyak protein nabati yang alami. Kegunaan protein, salah satunya adalah meningkatkan sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat.

  • Membantu Program Diet

Kacang ini membuat nafsu makan berkurang. Meski begitu, tidak kurang dengan kadar yang berlebihan. Mengonsumsi dengan teratur akan menekan kegiatan makan Anda yang terlalu sering dan juga memberikan asupan gizi yang lengkap.

  • Menyehatkan Jantung

Kandungan nutrisinya membuat jantung Anda lebih sehat tanpa terserang banyak penyakit. Jantung Anda juga akan diberikan kekuatan yang alami dalam bekerja memompa darah di dalam tubuh.

  • Mengatasi Menopause

Kacang kedelai sangat berguna bagi kaum hawa yang baru saja mengalami menopause. Gejala awal menopause bisa sedikit membuat kesehatan tubuh terganggu.

  • Mencegah Penyakit Osteoporosis

Kacang Tanah sangat baik bagi tulang karena mengandung banyak kalsium alami. Karenanya dapat mencegah penyakit tulang (Osteoporosis).

  • Anti Anemia

Kacang Kedelai mengandung nutrisi zat besi yang akan menjadi sumber anti anemia yang menyehatkan tubuh. Zat besi adalah senyawa utama yang dibutuhkan tubuh agar tetap memproduksi sel darah merah yang cukup.

  • Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes dapat Anda cegah dengan kacang kedelai. Manfaat ini bisa Anda dapatkan lebih optimal jika mengolahnya menjadi susu tanpa gula. Susu kedelai akan lebih mudah diserap oleh tubuh dan tidak membuat kadar gula dalam darah.

  • Baik untuk Pencernaan

Kacang menyehatkan yang satu ini punya banyak nutrisi yang baik untuk membuat pencernaan Anda menjadi lancar. Penyakit sembelit dan diare tidak akan menyerangnya.

  • Anti Penuaan Dini

Mengonsumsi Kacang Kedelai cara yang paling tepat jika Anda ingin memiliki penampilan yang senantiasa muda.

  • Mencegah Penyakit Hipertensi

Kacang Kedelai sudah terbukti khasiatnya untuk mencegah penyakit hipertensi. Penyakit tersebut bisa dicegah jika mengonsumsinya dengan teratur. Kacang sehat ini akan bekerja dengan menurunkan tekanan darah sehingga tidak akan membahayakan kesehatan tubuh. Semoga Bermanfaat!!!

(frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here