10 Manfaat Kemangi untuk Anda

kemangi inewsonline.co.id
Kemangi (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Kemangi (Surawung) adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daunnya merupakan salah satu bumbu bagi pepes.

Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand, dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan.

kemangi inewsonline.co.id
Kemangi (foto web)

Kemangi adalah hibrida antar spesies dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum.

Masyarakat Minangkabau menggunakan tumbuhan sejenis yang dinamakan dengan ruku-ruku yang di dalam Bahasa Thailand disebut sebagai bai kra pao. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas).

kemangi inewsonline.co.id
Kemangi (foto web)

Baca Juga: Sereh Dipercaya Sembuhkan 10 Penyakit

Surawung adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm. 

Bunganya tersusun di tandan yang tegak. Faunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda dan berbau harum.

Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm. Permukaan bergerigi atau juga rata. Wanginya seperti cengkih dan rasanya pahit.

kemangi inewsonline.co.id
kemangi (foto web)

Spesies ini banyak terdapat di Asia dan Amerika. Di Pulau jawa, surawung ditanam di kebun-kebun, di pagar-pagar, di pinggir-pinggir jalan, di lapangan dan di huma-huma.

Umumnya ditanam sebagai tanaman yang dibudidayakan. Walapun demikian, hasil tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Asalnya belum diketahui secara pasti. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl. Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan biji.

Berikut manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit:

  • Pencegahan Jerawat

Mencegah timbulnya jerawat karena mereka memurnikan darah dengan membuang racun. Daunnya  mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat diterapkan sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan.

  • Pencegahan Komedo

Juga mencegah munculnya komedo. Pada sisi bagian atas ditempatkan di setiap sisi hidung  selama 5 menit. Setelah itu, dilepas dan cuci muka.

  • Pengobatan Infeksi Kulit

Karena sifatnya yang anti bakteri, anti biotik dan anti jamur properti sehingga daun Surawung dapat membatasi pertumbuhan bakteri seperti E coli dan B anthracis yang menyebabkan infeksi kulit.

Giling dan rebus 200-250 gram daun Kemangi dengan kuantitas yang sama dari minyak biji wijen dapat diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun Surawung dan jus lemon juga dapat diterapkan pada kulit untuk mengobati kurap.

  • Mencegah Rambut Beruban

Rendam daun Kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air selama satu malam. Lalu cuci rambut dengan ramuan ini. Hal tersebut untuk mencegah rambun beruban serta rambut rontok.

  • Pencegahan Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah umum yang yang dapat terjadi karena gatal kulit kepala. Pasta dari daun Kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

  • Memperlancar aliran darah
  • Mencegah kemandulan
  • Mengobat Sariawan
  • Mengobati Panu
  • Mengurangi bau keringat

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here