10 Rahasia Manfaat Delima dan Cara Menanamnya

delima inewsonline.co.id
Delima (Foto Web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania.

Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah tersebut. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Baca Juga: Ini Loh 11 Manfaat Kolang Kaling untuk Anda

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam.

delima inewsonline.co.id
Delima (Foto Web)

Buah ini sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Bentuk pohon perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2–5 m. Batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua.

Bunga tunggal bertangkai pendek, keluar di ujung ranting atau di ketiak daun yang paling atas. Biasanya, terdapat satu sampai lima bunga, warnanya merah, putih, atau ungu.

Berbunga sepanjang tahun. Buahnya buah buni, bentuknya bulat dengan diameter 5–12 cm, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan atau ungu kehitaman.

Kadang, terdapat bercak-bercak yang agak menonjol berwarna tebih tua. Bijinya banyak, kecil-kecil, bentuknya bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, warnanya merah, merah jambu, atau putih.

delima inewsonline.co.id
Delima (Foto Web)

Kandungan nutrisinya mampu memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Perawatan Gigi

Salah satu manfaat terbaik, jus buah ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang akan membantu untuk mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit mulut.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah percobaan yang dilakukan pada tahun 2005 oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner menunjukkan bahwa minuman jus delima harian yang diberikan selama tiga bulan membuat aliran darah ke jantung lebih lancar dan resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung.

  1. Stenosis arteri karotis

Sebuah studi yang baik dari tahun 2004 pada pasien dengan stenosis arteri karotis (arteri menyempit) menemukan bahwa segelas jus delima harian (50 ml) selama tiga tahun mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol dalam arteri, dan juga mengurangi kolesterol. Namun, efek ini tidak jelas dipahami untuk kondisi seperti stroke.

  1. Mencegah Kanker Prostat

Satu studi kecil pada tahun 2006 menemukan bahwa minum 227 ml harian jus buah ini secara signifikan akan memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dengan kanker prostat berulang.

  1. Mengatasi Gangguan Perut

Kupas buah dan gunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh setiap jenis masalah pencernaan. Minum teh yang terbuat dari daun buah ini juga membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan. Dapat digunakan untuk menangani masalah seperti disentri dan kolera.

  1. Menghindari Anemia

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsinya dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan dan gangguan pendengaran.

  1. Mencegah Osteoarthritis

Delima membantu mengurangi penyakit dari berbagai bentuk termasuk aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan  Buah Delima.

  1. Anti Penuaan

Diet jus delima dapat membantu memperlambat proses penuaan yang akan mengurangi keriput dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Hal ini juga akan membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah pigmentasi berlebihan dan terjadinya bintik-bintik gelap.

  1. Cocok Bagi Semua Jenis Kulit

Jus buah delima dapat bekerja dengan ajaib untuk kulit kering. Struktur molekul yang kecil akan menembus jauh ke dalam kulit untuk memberikan kelembaban yang cukup dan hidrasi pada kulit.

Oleh karena itu jus delima akan menenangkan kulit kering dan teriritasi. Jus buah delima juga bermanfaat bagi kulit yang rentan berminyak. Penerapan jus delima pada kulit berminyak mencegah wabah jerawat dan mengontrol produksi sebum.

  1. Membantu Menyembuhkan Luka

Delima membantu dalam regenerasi sel-sel kulit di lapisan kulit epidermis dan dermis. Jus delima memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan, minyak biji delima yang sarat dengan nutrisi, ramah akan kulit yang bermanfaat bagi penguatan dan regenerasi epidermis.

Cara Menanam:

Rendam biji/benih dengan air hangat (40-45 C) selama 2 jam. Air untuk merendam sebaiknya air kemasan atau air matang.

Ambil biji menggunakan saringan dan cuci dengan air bersih (air matang). Air matang adalah air yang sudah direbus dan dapat diminum langsung. Tiriskan/entaskan (biarkan di udara terbuka sampai kering sendiri).

Siapkan tisu/kapas/kain/handuk kertas untuk wadah germinasi. Lembabkan dengan menggunakan air sprayer halus.

Air untuk melembabkan sebaiknya air kemasan atau air matang. Ambil beberapa benih dan letakkan di atasnya.

Tutup dengan tisu/kapas/kain/handuk kertas lainnya yang telah dilembabkan

Masukkan ke kantong plastik dan tutup rapat. Letakkan kantong plastik di tempat terang (mendapat sinar matahari).

Periksalah setiap hari, sesuaikan kondisinya bila dibutuhkan.

Siapkan wadah penyemaian (berupa nampan, tray, kaleng bekas, dsb). Bagian bawahnya harus diberi lubang secukupnya untuk sirkulasi air.

Sehari sebelum semai, isi dengan media semai hingga 3/4 nya. Komposisi media semai = tanah : pasir/sekam : kompos = 1 : 1 : 1.

Masukkan benih Delima yang bertunas ke media semai dengan kedalaman 0,6 – 2,4 cm. Sebagian tunasnya harus muncul di permukaan tanah.

Semprotkan air yang halus (gunakan spray).

Letakkan wadah persemaian di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Jaga medianya agar tidak kering dan tidak terlalu basah.

Semprotkan air halus 1-2 kali sehari bila medianya kering.

Persemaian diakhiri setelah memiliki 4 helai daun.

Siapkan wadah/tempat menanam (pot besar, drum, dsb)

Pot/drum harus diberi lubang di bagian bawahnya.

Masukkan batu-batu kecil agar lubang tidak tersumbat tanah.

Sehari sebelum tanam, isi pot/drum dengan media tanam hingga 3/4 nya.

Komposisi media tanam = tanah : pasir/sekam : kompos = 2 : 1 : 1.

Setelah bibit Delima memiliki 4 helai daun, pindahkan ke pot/drum.

Caranya: Buat lubang terlebih dulu di pot/drum.

Ambil bibit beserta tanah di sekitar akarnya.

Masukkan ke lubang dengan posisi tegak, tambahkan tanah di sekitarnya.

Letakkan pot/drum di tempat terang namun aman dari hujan.

Setelah tumbuh daun baru, letakkan pot/drum di tempat terbuka. Lakukan perawatan.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here