11 Manfaat Garam Laut untuk Kesehatan Kita

garam laut inewsonline.co.id
Garam laut (Foto. web)

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Garam laut dihasilkan dari penguapan air laut dan dipercaya memiliki rasa yang lebih baik dibandingkan tambang garam.

Garam laut disebutkan dalam naskah umat Buddha, Vinaya Pitaka yang ditulis pada abad ke 5 SM. Di daerah yang hangat dan kering, proses ini dapat dilakukan sepenuhnya dengan mengandalkan cahaya matahari. Di kawasan yang lebih dingin, bahan bakar tambahan diperlukan.

Baca Juga: 10 Manfaat Keong Sawah untuk Kesehatan

Di kawasan Sichuan, China, pembuatan garam tradisional dilakukan dengan merebus air garam di pot-pot besar yang terbuat dari tanah liat dan di bawahnya terdapat rongga tempat dibakarnya gambut atau kayu bakar.

Garam laut tidak selalu dihasilkan dari laut karena beberapa negara seperti Amerika Serikat tetap memberi label “garam laut” selama tingkat kemurniannya sesuai dengan yang disyaratkan. Sehingga garam tambang yang dicampur mineral lainnya dapat disebut dengan garam laut menurut ketentuan ini.

Berikut manfaat alami untuk kesehatan:

  1. Hidrasi

Asupan dari air garam alami yang kita konsumsi setiap pagi, sangat baik untuk energi tubuh. Selain itu, dapat juga mengurangi gejala alergi dan mencegah dehidrasi.

  1. Gula Darah

Insulin sangat bertanggung jawab pada gula darah yang dapat mencegah penyakit diabetes. Asupan garam yang sedikit, membuat insulin menjadi tidak sensitif mengambil glukosa darah. Oleh sebab itu, garam sangat penting bagi insulin untuk mengurangi risiko penyakit diabetes.

  1. Meredakan Stres

Asupan dari garam alami dapat mengurangi tingkat hormon stres dan juga kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol inilah yang dapat menyebabkan stres pada manusia. Untuk itu, sangat baik untuk meredakan stres.

Meminum air garam alami setiap pagi dapat membantu pencernaan dan juga penyerapan. Garam  dapat mengaktifkan enzim pencernaan dalam mulut yang biasa disebut dengan amilase saliva. Garam juga dapat memproduksi asam klorida dalam lambung yang dapat membantu proses pencernaan.

  1. Kesehatan gigi

Benda asin yang alami mengandung fluoride, penting sekali untuk menjaga kesehatan gigi. Fluoride inilah yang dapat melindungi gigi dari kerusakan asam dan juga mencegah gigi berlubang. Berkumur secara teratur dapat membantu meringankan gusi berdarah, bisul, sariawan dan juga sakit tenggorokan.

  1. Arthritis rheumatoid

Sangat efektif dalam memberikan bantuan terhadap nyeri sendi pada Arthritis rheumatoid. Penelitian juga telah menunjukkan bersifat anti-inflamasi.

  1. Tidur nyenyak

Mandi dengan menggunakan garam laut memiliki efek menenangkan ketika tidur dan tidur akan lebih nyenyak. Garam laut juga dapat mencegah air liur yang kleuar dari mulut ketika tidur.

  1. Kaki kesakitan

Merendam kaki didalam air garam alami yang hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot kaki, mengurangi rasa sakit, kelelahan, nyeri kaki, hingga pembengkakan pada kaki.

  1. Mengurangi lingkaran gelap pada mata

Garam laut juga dapat mengurangi bengkak pada bagian bawah mata Anda. Kompresan garam laut dapat mengurangi lingkaran gelap dan memiliki efek menenangkan di sekitar mata.

  1. Mencegah rambut dari Kerontokan

Garam laut alami dapat merangsang pertumbuhan pada rambut. Memijat bagian kulit kepala dengan memnggunakan garam laut dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat folikel rambut.

  1. Pengganti elektrolit

Mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, dan juga natrium dapat menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Selama dehidrasi, eletrolit dapat tubuh akan menghilang. Garam laut dapat mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh kita.

Sekian informasi yang dapat dibagikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

(Frima/Net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here