11 Manfaat Seledri, Kaum Hawa Paling Sering Menggunakannya

seledri inewsonline.co.id
Seledri (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Sayuran berdaun hijau memang baik bagi kesehatan. Sebut saja salah satunya Seledri (Apium Graveolens). Betapa tidak, mulai dari daun, batang hingga akar menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan (penyubur rambut).

Selain dikenal sebagai sayuran penambah aroma masakan, daun tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman obat karena mengandung kalsium, vitamin A, B1, B2, B6, dan juga vitamin C.

seledri inewsonline.co.id
Seledri (foto web)

Seledri  adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan.

Baca Juga: 12 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Anda

Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap.

Seledri telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sebagai unsur pengobatan dan penyedap masakan.

Salman Tua telah menuliskannya sejak awal penanggalan modern. Linnaeus mendeskripsikannya pertama kali dalam edisi pertama Species Plantarum. Ia memasukkan ke dalam Suku Umbelliferae, yang sekarang dinamakan Apiaceae (suku adas-adasan).

Sayuran ini adalah terna kecil, kurang dari 1m tingginya. Daun tersusun gemuk dengan tangkai pendek. Tangkai ini pada kultivar tertentu dapat sangat besar dan dijual sebagai sayuran terpisah dari emaknya.

Bagi kaum Hawa, rambut adalah mahkota. Anda ingin memiliki rambut yang subur? Ini caranya: Sedikitnya 10 batang daunnya setelah dicuci lalu ditumbuk. Setelah halus diusapkan ke kepala dengan merata.

(foto web)

Setelah satu jam, anda bilas hingga bersih. Anda bisa melakukannya satu minggu sekali.

Sementara manfaat bagi kesehatan diantaranya:

  1. Mengobati rematik
  2. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Caranya: rebus dengan 3 gelas air hingga susut menjadi 1 gelas air. Setelah dingin baru diminim. Lakukan secara rutin.

  1. Mengobati anemia

Cara yang dilakukan cukup dengan membuat jus. Jus tersebut campuran dari air, madu, nanas, dan daun seledri. Minum rutin jus campuran ini setiap hari.

  1. Mengobati mata kering

Cara menggunakan daun seledri untuk manfaat menghilangkan penyakit mata kering adalah dengan menumbuknya bersamaan dengan daun bayam dan daun kelor. Setelah halus, hasil tumbukan itu ditambahkan sedikit garam dan air. Lalu, minumlah campuran bahan-bahan tadi sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

  1. Meningkatkan imunitas
  2. Mengobati batuk

Rebus daunnya dengan 3 gelas air hingga susut. Lalu, saring air tersebut dan campurkan madu. Rutin minum sehari 2 kali.

  1. Menurunkan darah tinggi (hipertensi)

100 gram daun sayuran ini ditumbuk hingga halus. Setelah itu tambahkan air matang dan dimasak hingga mendidih. Lakukan dua kali dalam sehari.

  1. Menenangkan saraf
  2. Mencegah sembelit
  3. Mencegah asma
  4. Mengatasi obesitas

Semoga Bermanfaat!!!

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here