12 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Anda

pepaya inewsonline.co.id
Pepaya (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Pepaya (Carica Papaya L) merupakan buah yang banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Indonesia. Rasa buahnya yang manis membuat banyak orang menyukai buah ini.

Tumbuhan ini berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Serikat. Kini, menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.

pepaya inewsonline.co.id
Pepaya (foto web)

 Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak “papaya”.

Baca Juga: Jeruk Nipis Dipercaya Bisa Atasi 5 Masalah Kesehatan

Dalam bahasa Jawa disebut “katès” dan dalam bahasa Sunda “gedang.” Tumbuhan ini banyak dicari karena khasiatnya yang berlimpah manfaatnya bagi kesehatan.

Pada daunnya memiliki morfologi, lamina dan petiolus. Tulang daunya memiliki 5 costa atau ibu tulang yang disertai dengan nervus lateralis atau yang disebut cabang tulang dan Urat daun atau yang disebut vena.

Daun ini termasuk daun dengan toreh yang tidak merdeka dan termasuk jenis tepi daun yang bertoreh bercangap menjari atau palmatifidus tiap apex folli atau ujung daun ialah Acutus atau runcing.

(foto web)

Daun mudanya dimakan seperti sayur dalam beberapa masakan khas Indonesia. Dan air rebusan daun buah ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan karena mengandung vitamin A, B, C, D, E dan Kalsium.

Kandungan vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker dan sebagai antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas.

  1. Sifat anti kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daunnya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, payudara, hati, paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh.

  1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Jus daunnya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker. Hal ini membuat daunnya dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing di usus karena mengandung tannin.

Zat tannin ini akan melindungi usus dari infeksi ulang pada lapisan dinding usus, sehingga cacing di usus tidak dapat menempel. Dengan demikian, secara efektif akan menekan penyebab terjadinya sakit tifus.

  1. Meningkatkan Imunitas

Jus daunnya untuk melawan infeksi virus flu biasa. Secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit.

  1. Anti Malaria
  2. Pencegahan Demam Berdarah

Jus daun metode tradisional untuk menyembuhkan demam berdarah tanpa masalah efek samping. Penelitian ilmiah dan beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa ekstra daun buah ini mengandung enzim papain meningkatkan trombosit.

pepaya inewsonline.co.id
Pepaya (foto web)
  1. Mengurangi Nyeri Haid
  2. Membantu Pencernaan
  3. Membantu Penyakit Pembesaran Prostat
  4. Daunnya dapat Mengatasi Jerawat
  5. Meningkatkan Trombosit
  6. Mencegah Katarak
  7. Emfisema

Daun buah pepaya banyak mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya penyakit emfisema yang berhubungan dengan paru paru.

Khasiat buah pepaya memang diketahui sangat bagus untuk kulit dan telah tergabung dalam produk perawatan kulit untuk memberikan kulit yang sehat dan bercahaya.

Jangan takut untuk mengkonsumsi daun pepaya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here