2 Nelayan Ditemukan, Bukti Keseriusan Bupati Dalam Pencarian

nelayan inewsonline.co.id
Ara dan Oih sedang ditangani tim medis

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Dengan ditemukannya 2 nelayan di perairan Cilacap Jawa Tengah merupakan bukti keseriusan dan kerja keras Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam proses pencairan. Dimana sejak dilaporkan hilang pada Minggu (11/10/2020) lalu, pihaknya terus berkoordinasi dengan semua pihak.

“ Ya, selama sepekan ini, kami terus melakukan pencarian dan berkoordinasi dengan semua pihak termasuk Basarnas dan BPBD Propinsi Jawa Barat,” kata Rudy kepada wartawan, Senin (19/10/2020). 

Disebutan Rudy, setelah mendapatkan informasi, pihaknya langsung memerintahkan Kepala Dinas Pertanian Garut guna melakukan penjemputan kedua nelayan ke Cilacap.

“ Kemarin pak Kadis berangkat. Dan barusan katanya sudah bertolak bersama dua nelayan menuju Garut,” imbuhnya.

Baca juga: AKAR Garut Harap Ketua PHRI Dapat Membawa Perubahan

Rudy menambahkan, kondisi kedua nelayan kini baik-baik saja setelah mendapatkan penanganan intensif dari tim medis.

nelayan inewsonline.co.id
Bupati Garut, Rudy Gunawan (Poto web)

“ Sepekan berada di laut, alhamdulillah kedua nelayan dalam kondisi sehat, ini mukjizat,” terangnya.

Rudy pun mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut andil terlibat dalam pencarian baik langsung maupun tidak langsung.

“ Terima kasih  semoga segala kebaikan menjadi ladang amal sholeh yang dibalas lebih oleh Allah SWT,” tutup Rudy.

Sebelumnya, inewsonline.co.id mengabarkan, Setelah dinyatakan hilang pada Minggu (11/10/2020) 2 nelayan asal Pameungpeuk Kabupaten Garut (Ara dan oih) akhirnya ditemukan dengan selamat di Perairan Cilacap Jawa Tengah.

Demikian diungkapkan Pembina kelompok nelayan, Anton Heryanto. Menurutnya, dirinya barusan beri kabar oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Barat dimana kedua nelayan tersebut ditemukan dengan selamat diperairan Cilacap Jawa Tengah.

“ Barusan Pak Budi Away dari Basarnas Jabar mengabarkan setelah koordinasi dengan Basarnas Cilacap kedua nelayan berhasil ditemukan dan diselamatkan,” kata Anton kepada iNEWSOnline.co.id, Minggu (18/10/2020).

nelayan inewsonline.co.id
Kedua nelayan yang ditemukan mendapatkan penanganan tim medis

Disebutkan Anton, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kronologis kejadian berawal dari Kapal ikan jenis Long Line dengan nama lambung kapal DAVA JAYA 2 pada TW. 10181000 G  yang sedang perjalanan kembali  ke Cilacap pada posisi 08°02’48” S 109°06’32” E  melihat ada dua orang di atas perahu yang posisi terbalik sambil melambaikan  tangan minta tolong.

Kemudian korban dievakuasi dalam keadaan selamat dan dibawa ke Cilacap. PD TW. 10181400G kapal tiba di pelabuhan perikanan Cilacap (PPC) yang selanjutnya korban dibawa ke Klinik Umum Pratama Cilacap untuk penanganan lebih lanjut.

“ Alhamdulillah, kini kondisi nelayan sudah terselamatkan dan mendapatkan penanganan medis,” terang Anton.

Anton menjelaskan, setelah mendapatkan informasi, dirinya langsung menghubungi Bupati Garut, Rudy Gunawan, Danrem dan Kapolres Garut.

nelayan inewsonline.co.id

“ Semua mengucapkan rasa syukur. Ini mukjizat dari Allah SWT,” sebut Anton.

Bahkan lanjut dia, Pak Bupati berkenan untuk segera menjemput 2 nelayan tersebut ke Cilacap. “ Pemkab Garut segera berangkat ke Cilacap,” tutupnya.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here