6 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

pir inewsonline.co.id
Buah Pir (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Pir adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis.

Pohon ini berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Tingginya bisa mencapai 10-17 meter. Tapi sebagian spesies merupakan pohon yang pendek yang memiliki daun yang rimbun.

pir inewsonline.co.id
Pohon Pir (foto web)

Daun berselang-seling, berbentuk lonjong yang lebar tapi bisa juga berbentuk membujur panjang (lanceolate) yang langsing. Panjang antara 2- 12 cm. Pada sebagian spesies, daun berwarna hijau mengkilat atau sedikit berbulu berwarna keperakan.

Baca Juga: Manfaat Melati untuk Kesehatan Anda

Sebagian besar pohon merontokkan daunnya di musim dingin (deciduous) dengan perkecualian dua spesies Pir di Asia Tenggara selalu berdaun hijau sepanjang tahun (evergreen).

Pohon sangat tahan cuaca membeku di musim dingin hingga −25 °C and −40 °C kecuali spesies yang selalu berdaun hijau hanya tahan dingin sampai −15 °C.

Bunga mekar di sekitar bulan April, berwarna putih dengan sedikit aksen warna kuning atau merah jambu. Bunga terdiri dari 5 daun mahkota. Diameter bunga antara 2 sampai 4 cm. Buah bertipe buah pome dengan diameter 1-4 cm pada spesies liar, sedangkan pohon hasil budidaya menghasilkan buah berukuran besar dengan ukuran sampai 18 × 8 cm.

pir inewsonline.co.id
Buah Pir (foto web)

Bentuk buah beraneka ragam, sebagian besar spesies menghasilkan buah berbentuk bulat. Sebagian spesies seperti Pir Eropa menghasilkan buah yang bentuknya membesar di bagian bawah dan langsing di bagian pangkal buah. Buah siap panen di awal musim gugur.

Buah pir yang matang, berwarna kuning dengan bintik kecokelatan yang samar pada kulitnya. Rasa buah yang manis keasaman menjadikannya sangat segar untuk dikonsumsi siang hari.

Selain menyegarkan, juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena memberikan sejumlah serat yang dibutuhkan,  memiliki kandungan serat dan anti-oksidan, membantu melawan banyak masalah kesehatan hingga meningkatkan imunitas.

Diantaranya :

  1. Menyehatkan Pencernaan

Satu buah Pir berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat, dengan jumlah harian sekitar 21-38 gram. Ketika makan banyak serat, sistem pencernaan dalam tubuh bekerja dengan cara yang seharusnya. Serat membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral dari makanan.

Hal ini juga membantu mencegah dan meringankan sembelit dan dapat mencegah penyakit wasir, sehingga masalah pencernaan berbahaya seperti kanker usus besar dapat dihindari.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Buah berukuran sedang memasok 212 miligram Kalium. Kalium adalah mineral yang membantu jantung agar berdetak secara normal dan membuat otot-otot bekerja dengan cara seharusnya. Anti karsinogen glutathione dan anti oksidan terkandung di dalamnya untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

  1. Pencegahan Stroke

Sebuah artikel yang diterbitkan American Heart Association (2011) meneranhkan, makan satu buah sehari dapat mengurangi risiko stroke sebanyak 52 persen. Buah ini mungkin juga memotong risiko kematian akibat penyakit jantung.

Lalu artikel lainnya (2007) yang diterbitkan dalam “American Journal of Clinical Nutrition” mencatat bahwa flavonoid dalam buah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung, serta kematian yang terkait dengan penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Imunitas

Buah ini  mengandung 7,5 miligram vitamin C, yaitu sekitar 10 persen dari kebutuhan harian. Vitamin C membantu mencegah infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin C dan tembaga membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit

  1. Gizi Ibu Kehamilan

Asam Folat sangat penting bagi wanita hamil untuk menjaga agar bayi tidak mengalami cacat lahir. Kehadiran asam folat dalam buah ini dapat membantu masalah ini, dan dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara teratur selama kehamilan

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak memang membutuhkan perawatan ekstra. Buah ini dapat bermanfaat bagi anda yang memiliki kulit berminyak. Pir diblender dan campurkan krim segar dan madu. Gunakan pasta ini tiga kali seminggu sebagai masker wajah. Seluruh sekresi kelenjar minyak yang ada di kulit akan berkurang. Semoga Bermanfaat!!!

(Frima/berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here