7 Manfaat Jambu Monyet untuk Anda

jambu monyet inewsonline.co.id
Jambu Monyet (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Jambu Monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale) adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki “buah” yang dapat dimakan.

Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, kacang mete atau kacang mente. Bijinya dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan. Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae).

Dalam bahasa Inggris dinamakan cashew (tree), yang diturunkan dari perkataan Portugis untuk menamai buahnya, caju, yang sebetulnya juga merupakan pinjaman dari nama dalam bahasa Tupi, acajú.

jambu monyet inewsonline.co.id
Jambu Monyet (foto web)

Baca Juga: Ini Dia 5 Manfaat Makan Pisang

Sementara nama marganya (Anacardium) merujuk pada bentuk buah semunya yang seperti jantung terbalik.

Mete merupakan biji yang memiliki karakteristik dengan bentuk melengkung dan dapat dimakan. Biji jambu mete tinggi akan kandungan minyak dan memiliki rasa yang khas, serta kaya akan kandungan protein yang berkualitas premium.

Biji mete banyak dikonsumsi sebagai makanan, baik dikonsumsi secara langsung maupun diaplikasikan dengan produk makanan lainnya. Disamping bagian biji dari tanaman mete merupakan bagian yang banyak digunakan serta dikonsumsi.

Jambu Monyet menghasilkan kayu yang berguna dalam ekonomi lokal untuk barang-barang praktis seperti karang dan arang. Disamping itu, biji kacang mete juga diaplikasikan dalam pembuatan permen karet.

Jambu Monyet merupakan tanaman asli dari timur laut Brasil. Kemudian, pada misionaris Portugis membawanya ke Afrika Timur dan India selama akhir abad ke-16, sehingga tanaman ini menjadi berlimpah di daratan rendah dekat pantai laut.

Di dunia, jambu monyet banyak dikultivasi di wilayah sekitar Brazil dan India. Disamping itu, banyak juga dikonsumsi pada wilayah asia selatan dan asia tenggara.

Jambu Monyet dapat tumbuh hingga 12 meter di tanah subur dengan kelembaban yang tinggi. Jambu mete tumbuh baik pada wilayah dengan temperature yang cukup hangat yaitu sekitar 25-40oC.

jambu monyet inewsonline.co.id
Jambu Monyet (foto web)

Jambu mete ditanam dengan menanam biji segar dari jambu mete pada tanah yang lembap dan kaya akan nutrisi. Kemudian, biji dari jambu mete akan tumbuh pada 4-5 hari.

Penanaman pohon dilakukan dengan jarak sekitar 10 meter antar pohon, serta dilakukan pada tanah yang memiliki banyak kandungan pasirnya

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari Jambu Monyet:

  1. Sebagai Alat perekat dan anti rayap

Batangnya berwarna cokelat. Bagian tersebut dianggap memiliki nilai yang rendah, karena dianggap hanya untuk kayu bakar maupun perkakas dengan mutu yang cukup rendah. Akan tetapi, getah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan perekat.

Antara lain untuk perekat buku maupun sebagai perekat kayu lapis seperti kusen. Bahkan, bermanfaat juga sebagai anti rayap.

  1. Sebagai bahan konsumsi

Daun dari tanaman jambu monyet dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber sayuran. Biasanya masyarakat memanfaatkannya untuk lalapan. Rasanya, asam, segar, manis bercampur rasa sepat.

Bagian bijinya banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu camilan yang lezat. Selain itu, juga kita sering menjumpai kacang mede yang digunakan sebagai hiasan makanan atau kue-kue.

  1. Sebagai pakan ternak

Tanaman ini juga digunakan sebagai alternatif pakan ternak. Bagian tumbuhan yang bisa dimanfaatkan, diantaranya daun, buah semu, maupun kulit dari biji yang tidak diolah.

  1. Untuk bahan pengawet

Cangkang mete menghasilkan sejenis minyak yang dinamanakan CNSL (Cashew Nut Shell Liquid) yang dimanfaatkan dalam dunia industri, yaitu sebagai bahan pengawet. Misalnya untuk kayu, jala dan lain-lain.

  1. Melindungi tubuh dari Kanker

Beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin, serat serta mineral yang terkandung dalam kacang mede telah dipercaya mampu mempromosikan kesehatan tubuh manusia dari serangan penyakit berbahaya, kanker.

  1. Menurunkan Kolesterol

Dalam kacang mede terdapat kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Dengan begitu, dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung koroner maupun gangguan stroke.

  1. Kaya antioksidan

Kandungan mineral yang terdapat dalam kacang mede juga sangat berguna sebagai co-faktor serta anti-oksidan yang sangat ampuh dalam tubuh. Beberapa jenis vitamin seperti asam pantotenat, riboflavin, niacin, piridoksin, serta thiamin dalam kacang mede dapat membantu mencegah dermatitis, mendukung metabolisme lemak, protein serta karbohidrat dalam sel-sel tubuh.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here