8 Manfaat Jagung untuk Kecantikan

jagung inewsonline.co.id
Jagung (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Selain untuk kesehatan, Jagung (Zea mays ssp. mays) juga bermanfaat untuk kecantikan.

Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat  yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi.

Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika  dan beberapa daerah di Indonesia.

Baca Juga: 15 Kucing Terpopuler dan Paling Banyak Dicari

Pada masa kini sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena.

Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industry framasi, kosmetika dan kimia.

jagung inewsonline.co.id
Jagung (foto web)

Tanaman ini juga merupakan tanaman model yang menarik, khususnya di bidang biologi dan pertanian.

Konon, sejak awal abad ke-20, tanaman ini menjadi objek penelitian genetika yang intensif dan membantu terbentuknya teknologi kultivar hibrida yang revolusioner.

Dari sisi fisiologi, tanaman ini tergolong tanaman C4 sehingga sangat efisien memanfaatkan sinar matahari.

Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Melembutkan Kulit

Untuk membuat kulit wajah lebih halus dan kenyal, tumbuk jagung muda sampai lembut kemudian terapkan masker ini pada kulit wajah anda. Lycopene di dalamnya akan bekerja untuk menghaluskan kulit anda.

  1. Menyamarkan bekas jerawat

Minyaknya efektif untuk mengurangi bekas luka akibat jerawat, cacar, maupun iritasi. Cukup aplikasikan minyak ini pada kulit yang bermasalah.

  1. Mencegah dampak buruk dari sinar UV yang dapat merusak kulit

Jagung muda merupakan salah satu sumber betakaroten yang baik untuk melindungi kulit dari paparan UV. Sehingga kulit anda menjadi lebih sehat dengan mengonsumsinya.

  1. Menyegarkan kulit wajah

Vitamin dan mineralnya juga berguna untuk membuat kulit wajah menjadi lebih segar dan bersih. Cukup dengan menerapkannya sebagai masker wajah.

  1. Menghilangkan flek hitam

Aplikasikan masker jagung dan madu murni pada wajah anda untuk mengurangi noda hitam yang muncul. Flek hitam merupakan salah satu dari sekian tanda penuaan dini.

  1. Mengangkat sel-sel kulit mati

Masker juga efektif dalam meluruhkan sel kulit mati dari wajah anda. Hal ini terkait antioksidan kuat yang ada di dalamnya.

  1. Mengencangkan kulit wajah

Kulit wajah anda tampak kendur? Jangan biarkan begitu saja, atasi menggunakan dengan masker ini. Terapkan pada kulit wajah secara merata, lakukan sebelum tidur malam dengan teratur.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi pelaku diet, jagung muda sangat cocok untuk ditambahkan ke dalam menu harian. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab. Pertama, vitamin B5 di dalamnya berguna dalam metabolisme lemak, protein dan karbohidrat yang akan diubah menjadi energy bagi tubuh.

Karenatermasuk rendah lemak, tapi kaya akan asam folic dan potassium yang berguna untuk mengurangi berat badan yang berlebih.

Hentikan penggunaan masker jagung pada wajah anda, jika timbul iritasi. Terutama bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Semoga Bermanfaat!!!

(Frima/berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here