8 Manfaat Ubi Jalar, No 4 Tingkatkan Imunitas

ubi jalar inewsonline.co.id
Ubi Jalar (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Ubi Jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi.

Di Afrika, umbi menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun mudanya juga dibuat sayuran. Terdapat pula yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.

ubi jalar inewsonline.co.id
Ubi Jalar (foto web)

Baca Juga: Ini Dia 5 Manfaat Makan Pisang

Dikenal dengan nama ketela rambat, huwi boled (Sunda), tela rambat (Jawa), sweetpotato (Inggris), dan shoyo (Jepang) merupakan sumber karbohidrat yang cukup penting dalam sistem ketahanan pangan kita.

Selain karbohidrat sebagai kandungan utamanya, ubi jalar juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa).

Ada beberapa varietas ubi jalar yang ada di Indonesia yaitu Daya, Borobudur, Prambanan, Mendut, Kalasan, Muara Takus, Cangkuang, Sewu. Sedangkan varietas-varietas yang baru dilepas tahun 2001 antara lain: Cilembu yang berasal dari Sumedang. Masing-masing varietas memiliki rasa khas yang berbeda-beda.

Ubi Cilembu merupakan salah satu produk pertanian unggulan bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Daerah penghasilnya, Cilembu, Cadas, Pangeran, Sumedang.

Ubi cilembu berkulit gading, berurat, dan panjang, sedangkan getahnya akan meleleh seperti madu ketika dipanggang. Ubi ini sangat manis dan pulen, berbeda dengan ubi kebanyakan. Rasa manis dari ubi Cilembu akan lebih terasa apabila ubi dibakar dalam open, terutama apabila ubi mentah telah disimpan lebih dari satu minggu.

Dapat dibudidayakan melalui stolon/batang rambatnya. Cara menanamnya cukup mudah, dengan mencangkul lahan yang mau ditanami sehingga stolon/batang rambat ubi jalar mudah dimasukkan dalam tanah.

Pemeliharaannya cukup mudah, umbi jenis ini akan tumbuh baik bila lahan terkena matahari langsung, pemeliharaan dari gulma untuk menghindari persaingan unsur hara di sekitar tanaman.

Pemberian pupuk UREA atau Organik akan menambah hasil panen yang lebih bagus. Panen umbi ini dengan mencangkul sekitar tanaman untuk mempermudah ubi rusak karena terkena cangkul atau alat pertanian.

ubi jalar inewsonline.co.id
Ubi Jalar (foto web)

Berikut manfaat bagi kesehatan tubuh:

  1. Mencegah Diabetes

Dianggap mengandung indeks glikemik rendah dan penelitian terbaru menunjukkan umbi ini dapat mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada penderita diabetes.

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Namun, meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya. Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, kurang dari 2 persen orang dewasa di AS memenuhi rekomendasi harian kalium yaitu 4.700 mg.3 Satu buah menyediakan sekitar 542 miligram.

  1. Mempengaruhi Kesuburan

Bagi wanita yang masih subur, mengonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber tanaman dapat mempengaruhi kesuburan. Vitamin A yang terkandung di dalamnya (dikonsumsi sebagai beta karoten, kemudian dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh) juga penting selama kehamilan dan menyusui untuk sintesis hormon.

ubi jalar inewsonline.co.id
Ubi Jalar (foto web)
  1. Meningkatkan Imunitas

Makanan nabati seperti ubi jalar yang tinggi vitamin C dan beta-karoten menawarkan meningkatkan kekebalan tubuh dari kombinasi yang kuat mereka nutrisi. Kandungan vitamin C pada umbi ini, berfungsi mencegah penyakit yang datang melelui virus seperti flu.

  1. Mengatasi Peradangan

Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting dan serbaguna dalamumbi ini untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Selain itu, membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflammation.

  1. Menjaga Kesehatan Mata
  2. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada Ubi Jalar membantu mencegah sembelit dan mempromosikan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat.

  1. Sumber Energi

Kandungan mineral penting yaitu zat besi dan magnesium meningkatkan energi yang dibutuhan untuk beraktivitas. Pada zat besi juga merangsang produksi pembentukan sel darah merah bagi tubuh.

(Frima/berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here