8 Manfaat Udang untuk Kesehatan Kita

udang inewsonline.co.id
Manfaat Udang untuk kesehatan (foto web)

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Banyak crustaceae yang dikenal dengan nama “udang“. Misalnya mantis shrimp dan mysid shrimp. Keduanya berasal dari kelas Malacostraca sebagai udang sejati.

Triops longicaudatus dan Triops cancriformis juga merupakan hewan populer di air tawar dan sering disebut udang. Meski keduanya berasal dari Notostraca, kelompok yang tidak berhubungan.

udang inewsonline.co.id
Udang (Foto web)

Baca Juga: Ini Dia 8 Manfaat Salak untuk Bumil

Jika diolah dengan benar,mempunyai banyak manfaat. Di antaranya:

  1. Mencegah Kanker

Setiap 85 gram Udang kukus dapat mencukupi 48 persen dari jumlah selenium harian tubuh. Kekurangan selenium telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat.

Para peneliti di Institute of Food Research (IFR) mengungkapkan bahwa kombinasi sulforaphane dan selenium meningkatkan kekebalan tubuh akan kanker sebanyak 13 kali lipat.

udang inewsonline.co.id
Tips Memasak Udang agar Tak Bau Amis (foto web)
  1. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku

Sampo dan lotion yang paling mahal sekalipun tak akan berguna bagi rambut dan kulit Anda tanpa asupan protein yang cukup. Protein merupakan bagian yang terkandung dalam tiap jaringan sel hidup dan ikan ini adalah sumber yang sangat kaya akan mineral tersebut.

  1. Meningkatkan Energi

Kelelahan dan merasa lemas? Gejala tersebut merupakan indikasi kurangnya kadar zat besi dalam tubuh. Ikan jenis ini sangat kaya kandungan zat besinya. Dengan mengonsumsinya maka asupan zat besi yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan energi akan terpenuhi.

  1. Menguatkan Tulang

Hewan yang termasuk dalam kelas Crustacea ini memiliki kandungan fosfor dalam tubuhnya. Kalsium dan fosfor adalah dua zat yang akan bekerja bersama-sama membentuk tulang dan gigi yang kuat.

Mengonsumsi Ikan ini, sebaiknya dimakan bersama kulitnya karena kulitnya juga mengandung “glucosamine” yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang.

  1. Membantu Memproses Lemak

Niasin (vitamin B3) yang terkandung dalam ikan ini dapat membantu pemrosesan lemak, karbohidrat dan protein menjadi energi untuk tubuh. Niasin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik.

  1. Mengurangi Resiko Depresi

Sama seperti ikan, udang juga mengandung asam lemak esensial, omega-3. Penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 dapat memberikan perlindungan kuat terhadap depresi dan dapat membantu meningkatkan mood untuk mereka yang tengah menderita gangguan tersebut. Selain itu, omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan otak.

udang inewsonline.co.id
Sambal Udang (Foto Web)

7. Menyehatkan Saluran Prostat

Asupan zinc atau seng yang dibutuhkan oleh tubuh relatif sedikit, yakni 10-15 mg setiap harinya. Dengan memakan ikan ini, kebutuhan tubuh akan zat tersebut akan terpenuhi. Dan, dengan terpenuhinya zinc dalam tubuh kita, maka pertumbuhan sel kanker prostat akan diperlambat.

  1. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Dapat berkontribusi pada kesehatan kelenjar tiroid dengan kandungan tembaga yang dimilikinya. Tiroid yang sehat dapat meningkatkan aktivitas sel dan mengatur metabolisme dalam tubuh dengan baik. Semoga Bermanfaat!!!

(Frima/FOKUSJabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here