8 Olahraga yang Harus Dilakukan Ibu Hamil

olahraga inewsonline.co.id
olahraga ibu hamil (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Hamil bukan alasan untuk Anda berhenti atau tidak olahraga sama sekali. Perempuan berbadan dua justru sangat disarankan rajin olahraga selama kehamilan untuk menjaga kebugaran tubuh dan mendukung kesehatan janin.

Selain memperlancar persalinan, Ibu Hamil (Bumil) yang rajin olahraga bahkan dipercaya akan melahirkan bayi cerdas.

Baca Juga: Ini Loh Manfaat Bunga Kastuba untuk Anda

Berikut manfaatnya:

  1. Menguatkan Mental dan Fisik

Dengan olahraga tidak hanya secara fisik tubuh anda semakin kuat dan siap untuk melakukan persalinan. Fisik semakin kuat karena rutin berolahraga.

  1. Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Jika Bumil rutin berolahraga selama 20 menit, 3 kali seminggu akan meningkatkan kemampuan otak janin. Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di Universitas Montreal pada tahun 2013.

  1. Menjaga Kualitas Tidur

Jika Bumil mengalami masalah sulit tidur, maka sangat disarankan untuk olahraga secara teratur. Masalah tidur biasanya terjadi saat usia kehamilan 3 bulan.

  1. Mengurangi Masalah Sakit Punggung

Bumil akan sering mengalami masalah sakit punggung. Hal ini karena punggung menahan tubuh.

  1. Menjaga Keseimbangan Hormon

Selama Hamil, hormon menjadi kurang stabil dan menyebabkan emosi yang sulit untuk dikendalikan. Untuk mengurangi mood yang tidak baik, salah satu caranya adalah dengan melakukan olahraga.

Berikut gerakan-gerakan olahraga (senam) Bumil :

  1. Senam Kegel

Senam ini untuk mengencangkan otot-otot bagian bawah. Bagi wanita dan pria pada umumnya, senam kegel memang dapat digunakan untuk membantu mengontrol buang air hingga mampu meningkatkan performa seksual pada pria.
Manfaat bagi Bumil, untuk mengencangkan otot-otot panggul bawah yang sangat berperan dalam proses persalinan.

olahraga inewsonline.co.id
Senam Kegel (foto web)

Saat mengencangkan otot panggul bawah anda harus bernafas bebas dan tidak mengencangkan otot perut maupun paha anda. Gerakan ini bisa anda lakukan dengan durasi 3 hingga 10 detik dan dapat dilakukan sebanyak 4 kali sehari. Gerakan senam ini bisa dilakukan sambil duduk, berdiri ataupun berbaring.

  1. Gerakan Senam Duduk Bersila

Senam Duduk Bersila merupakan cara duduk bersila dengan posisi tangan kanan dan kiri berada pada sisi tubuh dengan posisi siku lurus dan telapak tangan menempel pada lantai.
Dalam melakukan posisi senam ini, Bumil dapat memilih matras yang nyaman sebagai alas duduk.

olahraga inewsonline.co.id
Senam Duduk Bersila (foto web)

Sambil melakukan gerakan dasar, bisa menambahkan gerakan lain seperti mengangkat kedua tangan sampai ke puncak kepala dan menurunkannya kembali sambil tidak lupa mengatur nafas.

  1. Senam Posisi merangkak

Senam Bumil dengan posisi merangkak dapat melatih ketahanan otot perut dan juga mampu meredakan nyeri perut. Senam ini cukup mudah dilakukan dengan memposisikan diri seperti orang merangkak pada tempat dengan permukaan yang datar.

olahraga inewsonline.co.id
Senam posisi merangkak (foto web)

Kemudian arahkan pandangan anda lurus ke depan sambil mulai mengatur nafas. Setelah itu mulailah untuk mendorong posisi punggung ke arah dalam saat anda menarik nafas dan mengembalikan posisi punggung mendatar seperti semula saat anda membuang nafas.

Lakukanlah gerakan ini secara rutin beberapa kali sehari dan pastikan bahwa anda rileks saat melakukannya.

  1. Senam Bersandar di Tembok

Gerakan senam ini sangat mudah dilakukan yakni bersandar ke tembok. Perlahan-lahan geser badan anda turun lalu tahan posisi ini selama 3 hingga 5 detik, kemudian kembalilah ke posisi semula.

olahraga inewsonline.co.id
Senam Bersandar ke Tembok (foto web)
  1. Senam Lutut

Senam Lutut juga sangat mudah dilakukan. Duduklah dengan relaks pada sebuah kursi, kemudian angkat kaki anda lurus ke depan lalu tahan selama 15 menit kemudian turunkan. Lakukan gerakan ini secara bergantian untuk kaki kanan dan kiri anda.

  1. Senam Panggul

Senam Panggul berguna untuk menguatkan otot-otot panggul Bumil. Berbaring miring pada salah satu sisi baik kanan atau kiri.

Jika berbaring dengan posisi miring ke kiri, maka angkat kaki kanan anda lurus ke atas dan tahan selama 3 hingga 5 detik dan lakukan secara bergantian untuk kaki kanan dan kiri.

  1. Senam Jongkok

Senam ini sangat baik dilakukan oleh wanita hamil pada trimester karena dapat menguatkan otot paha dan membantu peregangan otot panggul yang sangat dibutuhkan pada proses persalinan.

olahraga inewsonline.co.id
Senam Jongkok (foto web)

Senam ini bisa dilakukan dengan posisi awal punggung lurus kemudian secara perlahan turunkan badan anda hingga posisi jongkok. Tahan posisi jongkok ini selama 10 detik lalu kembalilah ke posisi berdiri.

  1. Jalan Kaki Santai

Gerakan senam Bumil yang terakhir adalah jalan kaki santai yang bisa anda lakukan di sekitar rumah bersama pasangan. Jalan kaki memang sangat dianjurkan bagi wanita hamil 9 bulan karena dengan melakukannya dapat membantu posisi bayi. Semoga Bermanfaat!!!

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here