8 Rahasia Manfaat Pala yang Harus Diketahui

pala inewsonline.co.id
Pala (Foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji telah menjadi komoditas perdagangan yang penting sejak masa Romawi.

Pala disebut-sebut dalam ensiklopedia karya Plinius “Si Tua”. Semenjak zaman eksplorasi Eropa tersebar luas di daerah tropika lain seperti Mauritius dan Karibia (Grenada).

Baca Juga: Kubis Dipercaya Bisa Atasi 11 Penyakit

Tumbuhan ini berumah dua (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya.

pala inewsonline.co.id
(foto web)

Bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.

Biji pala mengandung minyak atsiri 7-14 persen. Bubuk rempah ini dipakai sebagai penyedap untuk roti atau kue, puding, saus, sayuran dan minuman penyegar (seperti eggnog). Minyaknya juga dipakai sebagai campuran parfum atau sabun.

Selain itu, tanaman ini juga kaya akan manfaat. Diantaranya dapat dijadikan bahan tambahan obat pengusir nyamuk. Dagingnya yang mengandung banyak nutrisi dapat dijadikan bahan dasar pembuatan berbagai jenis makanan dan minuman (manisan, sirup dan permen).

Biji dan fulinya sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan minyak atsiri. Begitu juga dengan daunnya. Namun pada daging buahnya pun sering dijadikan bahan baku minyak atsiri.

Tanaman rempah ini secara umum dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian sekitar 0-700 mdpl dengan kebutuhan curah hujan yang cukup tinggi yaitu 2000–3500 mm/tahunnya dan kelembapan udara sekitar 50-80 persen.

pala inewsonline.co.id
(Foto web)

Tanaman ini dapat tumbuh biasanya hingga ketinggian pohon 5-15 meter atau bahkan dapat mencapai 30 meter. Pohon ini cocok tumbuh pada suhu udara sekitar 20-30oC dengan struktur tanah tempat tumbuhnya memiliki rentang yang cukup besar yaitu dari tanah padat hingga berpasir.

Berikut beberapa manfaat bagi kesehatan:

  • Insomnia

Buahnya mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium adalah mineral yang sangat penting dalam tubuh dalam mengurangi ketegangan saraf bahkan merangsang pelepasan serotonin, yaitu hormon yang menciptakan rasa rileks.

pala inewsonline.co.id
(Foto web)

Serotonin berubah menjadi melatonin di otak, yang merupakan pendorong tidur, sehingga membantu seseorang menghilangkan insomnia atau kegelisahan di malam hari.

  • Detoks Racun

Dapat bertindak sebagai tonik, yaitu zat yang bisa mengeluarkan racun-racun tubuh. Oleh sebab itu, mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Buah pala dapat membantu menghilangkan racun yang tersimpan atau terakumulasi di hati dan ginjal. Manfaat buah pala ini mampu membuat organ-organ tubuh bersih dari racun yang tersimpan, misalnya aja seperti alkohol, obat-obatan, polusi, atau makanan.

Selain itu, senyawa aktif yang terkandung di dalamnya dapat membantu melarutkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi dari ginjal dan hati.

  • Menyehatkan Kulit

Manfaat buah pala dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, belum sepenuhnya dipahami. Namun obat herbal dan tradisional sudah lama menggunakannya. Biasanya, buah pala dioleskan pada kulit dengan dicampur oleh air atau madu.

Buah pala juga mampu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit, meningkatkan kelembapan kulit, serta mengurangi bekas jerawat, cacar atau bisul.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan mineral dalam buah pala efektif dalam menjaga fungsi organ. Kalium yang terkandung dalam buah pala, dapat membantu meregangkan pembuluh darah, sehigga dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium yang terdapat dalam buah pala dapat meningkatkan kesehatan tulang kamu yang memiliki peran pada perbaikan dan pertumbuhan, juga mengurangi gejala osteoporosis.

  • Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dapat meningkatkan jumlah sel darah merah kamu dan mengurangi kemungkinan kamu terkena gejala kekurangan zat besi atau anemia.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Mengobati Influenza

Buah pala mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun yang ada di dalam tubuh kamu. Selain itu, Influenza juga bisa dihilangkan dan diredakan menggunakan buah pala.

Hal itu dikarenakan di dalam buah pala terdapat kandungan asam oleanolat. Asam oleanolat merupakan senyawa yang ada di dalam makanan maupun minuman. Asam tersebut tidak beracun dan juga bersifat sebagai antivirus. Virus influenza pun bisa dihilangkan.

  • Melancarkan Pencernaan

Serat yang terdapat pada buah pala dapat merangsang proses pencernaan dengan mendorong gerakan peristaltik pada otot polos usus.

Selain itu, merangsang sekresi berbagai cairan lambung dan usus yang memudahkan proses pencernaan. Kandungan serat pada buah pala juga dapat membantu masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan perut kembung. Semoga Bermanfaat!

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here