Ahmad Zacky: Masalah Tapal Batas Garut-Tasikmalaya Bisa Dilihat dari Peta

Anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Zacky Siradj (Foto. Ridwan)

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) anggota DPR RI, Ahmad Zacky Siradj dengan warga Desa Citangtu, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, diisi dengan acara tanya jawab.

Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Pangatikan, Rudi yang juga mantan Kepala Desa (Kades) Babakan Loa mengutarakan masalah tapal batas wilayah Garut dan Kabupaten Tasikmalaya yang terdapat kandungan Geothermal.

Selain itu, kondisi pertanian yang minim air karena sumber air di Desa Sukahurip tengah konflik dengan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

Komunitas Ilalang menyampaikan keluhan menyusul menjamurnya mini market yang sangat berdampak bagi para pengusaha warung kecil dan komunitas Pencak Silat mengharapkan support yang jelas dari pemerintah karena merupakan kearifan lokal.

Sementara Gapoktan dibawah komando H. Syukur menyampaikan bahwa komuditas pertanian (Kopi) yang merupakan unggulan Pangatikan belum memiliki merk dagang karena minim support dari pemerintah.

Menanggapi sejumlah permasalahan yang disampaikan warga, Ahmad Zacky Siradj menegaskan, konflik tapal batas mesti segera ditangani khususnya oleh Gubernur Jawa Barat, agar tidak berkepanjangan.

“ Masalah tapal batas tentunya bisa ditelusuri dari Peta yang di buat pada zaman Belanda. Nah, dari sana  akan bisa dipecahkan,” ujar Ahmad.

Lalu terkait aksi pengrusakan fasilitas saluran air, itu tindak pidana  yang harus diusut tuntas pihak berwenang dan mengenai mini market itu kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat yang harus bisa melindungi warung-warung kecil dan pedagang pasar tradisional.

“ Sedangkan untuk merk dagang bisa dilihat di  www.hki.co.id,” pungkasnya.

(MRF/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here