Aji Kurnia: Pesantren Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi Global

Anggota DPRD Garut Fraksi PKB, Aji Kurnia saat melakukan Reses di Pesantren Al Mansuri Leuwigoong

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Peranan Ekonomi Pesantren di Indonesia memiliki keunikan dan keunggulan. Di mana bisa mewujudkan atau mendongkrak pertumbuhan ekonomi global.

Demikian diungkapkan Anggota DPRD Garut, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Aji Kurnia. Menurutnya, peranan pesantren kini tidak hanya sebagai lembaga pendidikan saja melainkan bisa bertindak lebih. Yakni, sebagai penopang ekonomi rakyat.

” Pemberdayaan Ekonomi berbasis Pesantren akan menjadi penopang ekonomi global,” kata Aji kepada iNEWSOnline.co.id, usai melakukan reses di Pesantren Al Mansuriah Kecamatan Leuwigoong, Kamis (25/6/2020).

Disebutkan Aji, Jawa Barat khususnya Kabupaten Garut memiliki pesantren unggulan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

” Pesantren kini tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan namun memiliki potensi untuk dimanfaatakan dalam mencapai kemandirian ekonomi,” sebut Aji.

Lebih jauh dipaparkan Aji, program kemandirian pesantren yang ditempuh didasari oleh kekuatan pesantren sebagai basis arus ekonomi yaitu SDM pesantren yang memiliki jumlah dan ikatan komunitas yang kuat sehingga memiliki potensi sebagai sumber permintaan dan produksi berbagai kegiatan ekonomi.

Daya juang pesantren yang tinggi berpotensi besar apabila dikombinasikan dengan kemampuan kewirausahaan, dan konsep pemberdayaan ekonomi pesantren sebagai bagian dari ibadah.

” Dengan kekuatan tersebut, kunci kemandirian pesantren adalah pada pendirian unit usaha dan komunikasi bisnis antar pesantren untuk pemenuhan kebutuhan dan pembinaan khususnya dari pesantren yang maju kepada yang sedang berkembang, sebagaimana terwujud dalam program kemandirian yang dijalankan,” terang legislator yang dikenal tegas dan santun ini.

Aji mengharapkan, melalui program pengembangan kemandirian pesantren diharapkan dapat mendorong pesantren sebagai penggerak utama dalam ekonomi.

” Dewasa ini Pesantren mempunyai peranan lebih dalam pengembangan ekonomi mandiri,” pungkasnya.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here