Anak Anda Bandel? Berikut 9 Tips Cara Mengatasinya

bandel inewsonline.co.id
Foto Web

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Memiliki buah hati adalah harapan semua Pasangan Suami Istri (Pasutri). Meski begitu, tak sedikit para orangtua kewalahan karena tingkah laku si-anak yang nakal dan bandel.

Para orangtua tentunya harus sabar dan mampu memilih cara yang benar dan tepat dalam mengatasinya.

Baca Juga: 15 Tips Agar Cewek Idaman Anda Klepek-klepek

Berikut beberapa langkah untuk mengatasinya:

  1. Tidak Memberikan Predikat “Nakal”

Anak anda sulit sekali diatur dan kerap rewel saat diberikan nasihat, maka jangan memvonis predikat “ anak nakal/bandel,” karena akan membuatnya tidak percaya diri.

  1. Berikan Contoh yang Baik

Para orangtua wajib memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya. Tak hanya sebatas teori dan nasihat saja, namun juga harus dibarengi dengan praktiknya. Pasalnya, anak-anak umumnya akan meniru apa yang mereka saksikan.

  1. Bersikap Lembut

Sebagai orangtua yang baik jangan sekali-kali memarahi sang buah hati di depan umum ketika berbuat salah. Bisa jadi perbuatannya tersebut tidak sengaja dilakukan. Cacian orangtua akan membuat si-anak semakin tertekan.

  1. Berikan Sanksi yang Tegas

Sanksi tegas disini bukan berarti dilakukan dengan kekerasan fisik, tapi lebih kepada hukuman yang sifatnya mendidik.

  1. Jadilah Orangtua yang Konsisten

Berhentilah memberikan toleransi pada anak-anak sewaktu aturan yang anda terapkan dilanggarnya. Semakin banyak toleransi yang anda berikan akan membuat anak lebih leluasa melanggar semua aturan.

  1. Lakukan Pendekatan

Anak anda bandel jangan sekali-kali menggunakan kekerasan fisik.

  1. Buat Aturan Khusus

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatur anak yang nakal adalah dengan membuat peraturan khusus. Selain itu, buat juga perjanjian akan memberikan hadiah jika anak tidak nakal.

  1. Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Terlalu memanjakan anak sejak dini sangatlah tidak baik bagi perkembangan anak. Dengan begitu, mereka akan terbiasa dengan jalan yang mudah ketika ingin mendapatkan sesuatu.

  1. Mendidik Anak Secara Agama

Memberikan pendidikan agama menjadi poin terpenting dalam mendidik anak. Ajarkan buah hati kita membaca Al-Qur’an dan hal-hal baik lainnya menurut ajaran Islam. Semoga Bermanfaat!!!

(Frima/FOKUSJabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here