Banjir Bandang di Sukabumi Terjang 6 Desa

banjir bandang inewsonline.co.id
Banjir Bandang Sukabumi (Foto Web)

SUKABUMI,iNEWSOnline.co.id: Enam Desa di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dierjang banjir bandang, Senin (21/9/2020).

Keenam desa yang diterjang banjir bandang tersebut, Desa Cisaat, Pasawahan, Cicurug, Nyangkoek, Mekarsari dan Bangbayang,” katanya saat dikonfrimasi melalui sambungan telepon, Senin, (21/9/2020).

banjir bandang inewsonline.co.id
Banjir Bandang Sukabumi (Foto Web)

Bencana alam terjadi setelah sejumlah daerah di Sukabumi diguyur hujan hampir selama dua jam sekitar pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Bocah 3 Tahun di Garut Edukasi Bahaya Covid-19

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu mengatakan, banjir bandang terjadi setelah air Sungai Citarik-Cipeuncit meluap akibat curah hujan yang tinggi.

banjir bandang inewsonline.co.id
Banjir Bandang Sukabumi (Foto Web)

Menurutnya, 12 unit rumah hanyut terbawa arus air, 85 unit rumah terendam dan sejumlah kendaraan hanyut.

“Evakuasi korban terus dilakukan oleh seluruh unsur terkait dibantu komunitas relawan. Kondisi terkini masih dalam pendataan,” kata Budi.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Maman Suherman mengatakan, bencan alam menerjang Kecamatan Cicurug.

banjir bandang inewsonline.co.id
Banjir Bandang Sukabumi (Foto Web)

“Sejumlah anggota dari beberapa tim BPBD sudah berada di lokasi kejadian. Saat ini petugas menyebar untuk mendata,” katanya

Sementara itu Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cisaat, Danik Putra Sudaya, mengungkapkan, sejumlah warga dan kendaraan roda dua maupun roda empat dikabarkan terbawa arus.

Hingga sampai saat ini sejumlah anggota BPBD, TNI/Polri tengah melalukan penanganan di beberapa titik.

“Ratusan warga dari enam desa terdampak bannjir bandang terpaksa mengungsi ke rumah tetangga, keluarga dan masjid,” katanya.

Menurutnya, belum dipastikan ketinggian air di beberapa desa tersebut. Namun yang terparah terjadi di Desa Cisaat, Bangbayang dan Kelurahan Cicurug dengan ketinggian air mencapai 6 meter.

banjir bandang inewsonline.co.id
Banjir Bandang Sukabumi (Foto Web)

Forum Komunikasi SAR Daerah setempat mengatakan, tiga kecamatan dilanda bencana alam. Yakni, Kecamatan Cibadak, Cidahu dan Cicurug.

Ketua Forum Komunikasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri mengatakan, lokasi terparah terjadi di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug. Kemudian Kampung Bantar, RT05/01, Desa Pondokasotengah, Kecamatan Cidahu dan Kampung Babakananyar RT03/ 09, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak.

Menurutnya, petugas gabungan hingga saat ini masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan membantu warga terdampak. Ketiga kecamatan tersebut berada di aliran sungai yang sama.

Okih menyebut, dua warga yang dilaporkan hanyut terseret air bah yang terjadi di Kecamatan Cicurug. Hingga kini, kedua orang yang berprofesi sebagai pembuat roti itu belum diketahui kabarnya.

“Pendataan masih terus dilakukan oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat,” ungkap dia.

(Frima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here