Bappeda Hadiri Musrenbangdes RKPD 2021 Desa Sukamulya

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Pemerintahan Desa Sukamulya Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembang) bertempat di aula Desa Sukamulya.

Acara ini di Hadiri Camat Pangatikan , Bappeda bidang perencanaan Pembangunan, Kasi PMD, Kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Pendamping Lokal desa, UPT Pukesmas Cimaragas, BLKB, BPP Pertanian, Korwil Pendidikan, PUPR, Ketua Dusun, Ketua BPD, Ketua LPM, Ketua RT RW, Tokoh Agama /Masyarakat/ Lembaga, serta Unsur element lainnya, Jum’at (17/01/2020)

Kepala Desa Sukamulya, Jono, menyampaikan tentang RKPD Musrenbang 2020 serta penetapan RKPD 2021 baik tentang Fisik, Pemberdayaan Ekonomi, Sosial, dan untuk musrenbang ini pihaknya menitikberatkan kepada Pemberdayaan bidang ekonomi.

” Kami menjabat ini intinya ingin ada hal yang di rasakan oleh masyarakat yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat agar mandiri berdikari dalam ekonomi masyarakat Desa Sukamulya,” kata Joko.

Selain itu, lanjut dia, bahwa tujuan yang lainnya pelaksanaan Musrenbangdes ini adalah untuk mempertajam usulan program, dengan Skala kegiatan yang di prioritas untuk tahun Anggaran 2021.

” Mudah – mudahan Musrenbang ini benar – benar mengakomodir usulan – usulan dari masyarakat yang pada sebelumnya sudah di laksanakan kegiatan “Musdus ( musyawarah dusun ) di masing – masing dusunnya, tentunya dengan skala prioritasnya,” imbuhnya.

Pihaknya berharap apa yang masyarakat usulkan itu benar – benar menjadi hal yang sangat di butuhkan oleh masyarakat banyak yang ada di masing – masing dusunnya.

Camat Pangatikan, Titin Wartini, menyampaikan kegiatan ini adalah dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun Anggaran 2021 di wilayah pemerintahan Kecamatan Pangatikan.

Lanjut dikatakan Titin kegiatan musrenbang ini meliputi beberapa bidang diantaranya Bidang Infrastruktur, Bidang Ekonomi, Bidang Pemerintahan serta Bidang Sosial dan Budaya

“Jadi jika ada program sebelumnya belum terlaksana akan dibahas dalam musyawarah kali ini serta diusulkan menjadi program prioritas tahun ini. Dan nanti hasil dari pengajuan tersebut akan di bahas di Musrenbang Kecamatan dan diajukan kembali di Musrenbang tingkat Kabupaten,” paparnya

Camat pun berharap Kegiatan yang dilaksanakan bisa mendorong percepatan visi misi kabupaten Garut yang Bertaqwa , maju dan sejahtera, menurunkan kemiskinan, dan dapat meningkatkan IPM , (bidang kesehatan, pendidikan dan daya beli masyarakat).

Sementara itu, dari Bappeda Bidang Perencanaan Pembangunan , Deni, yang di dampingi Budiman, dalam pengarahannya menyebutkan, Musrembang ini adalah tahapan dari bawah mulai tingkat dusun, desa, kecamatan hingga sampai ke kabupaten.

Ia mengharapkan Musrembang akan menghasilkan program-program Pembangunan yang bermuara untuk kesejahterahan masyarakat.

“ Musyawarah rencana pembangunan untuk penyusunan RKPD atau Rencana Kerja Pemerintah Desa untuk tahun 2021, merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan dari bawah, Musrenbang berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi kondisi dan perkembangan terkini,” pungkasnya.

(Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here