Bawang Merah Bermanfaat untuk Kesehatan

bawang merah inewsonline.co.id
Bawang Merah (Foto. web)

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia.

Bawang Merah berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya. Dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis.

bawang merah inewsonline.co.id
foto web

Baca Juga: 8 Manfaat Udang untuk Kesehatan Kita

Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur

Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga. Pada ujung dan pangkal tangkai mengecil dan di bagian tengah menggembung, bentuknya seperti pipa yang berlubang di dalamnya.

Bumbu dapur ini mengandung vitamin C, Kalium, Serat, Asam Folat, Kalsium dan zat besi. Juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormone Auksin dan Giberelin.

Tak hanya itu, dipercaya jugasebagai obat tradisional. Berikut beberapa penyakit yang dapat dicegah:

  1. Pencegahan Kanker

Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya.

Meski mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui, namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

  1. Kanker Prostat

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat.

Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.

  1. Esofagus dan kanker perut

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut. Beberapa penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

  1. Mengatur Tidur dan Suasana hati

Bawang Merah Membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.

Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine dan norepinephrine yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

  1. Baik untuk Jantung

Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bumbu dapur ini memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik.

  1. Mengatasi perut kembung pada anak-anak

Anak-anak dapat dengan mudah terkena masuk angin sehingga menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasinya, ambil yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar si kecil.

  1. Meredakan batuk

Batuk sering terjadi pada cuaca dingin dan menyerang anak-anak. Resep penyembuhannya dengan menggunakan parutannya yang ditambahkan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut.

(Frima/Net)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here