‘Beas Perelek’ Tradisi Yang Nyaris Punah

beas perelek inewsonli.co.id
Ketua RT 02, Rani Marliani saat memberikan beas perelek kepada warga

GARUT, iNEWSOnine.co.id: Tradisi ‘Beas Perelek’ disebagian daerah kini keberadaannya sudah hampir ditinggalkan. Padahal, tradisi sosial yang turun temurun atau warisan dari leluhur seharusnya dijaga keasriannya dan dipertahankan keberadaannya.

Penarikan ‘Beas Perelek’ ini dilakukan pengurus RT RW door to door (dari pintu ke pintu) ketika ada salah satu warga yang meninggal dunia. Hasilnya diserahkan kepada keluarga yang baru saja ditinggalkan. Aksi social tersebut dalam satu penarikan rata-rata menghasilkan beras 30 Kg dan sejumlah uang.

Meskipun dilakukan hanya ketika ada salah satu warga yang meninggal dunia, namun program ‘Beas Perelek’ ini sangat membantu keluarga. Kegiatan yang satu ini lebih kepada bentuk kepedulian warga terhadap keluarga yang baru saja ditinggalkan.

beas perelek inewsonline.co.id
beas perelek (poto web)

Program ‘Beas Perelek’ masih terjaga keasriannya di wilayah Kampung Sukasirna RW 04 Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening. Setiap ada yang meninggal dunia sudah dipastikan pengurus RT RW setempat ‘nguriling’ dan warga pun dengan sukarela sudah menyiapkannya, baik itu berupa beras maupun uang.

Baca juga: Swadaya Masyarakat RW 04 Cukup Tinggi

“ Alhamdulillah, tradisi ini masih dipertahankan,” kata Ketua RT 01 RW 04, Ucu Hernawati, kepada iNEWSOnlie.co.id, Minggu (26/9/2020).

Disebutkan Ucu, biasanya, penarikannya dilakukan pada saat 3 hari sesudah ada warga yag meninggal dunia. Mengingat, disini tradisi tahlilan berlaku dan tetap dilaksanakan.

“Saya apresiasi dan setuju untuk ide peruntukkan program beas perelek ini agar semakin banyak manfaat yang dirasakan warga sekitar yang memang benar-benar membutuhkan,” ucap dia.

Hal senada diungkapkan anggota LPMD Sukaluyu, Dadang Haeruman, menurutnya, tradisi yang sudah turun temurun ini tetap dilaksanakan. Mengingat kegiatan ini sangat banyak manfaatnya.

“ Mudah-mudahan kegiatan ini terus berjalan. Dan semoga bermanfaat bagi warga,” singkat dia.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here