Besok, AIF Gelar Festival Musik Islami se-Jawa Barat

Ketua Yayasan Al-Falah Pangatikan, Abdul Basith (kiri) Foto Ridwan

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Bertempat di Kompleks  Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falah, Kampung  Cimaragas Tegah,  Desa Karangsari, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Al-Falah Islamic Fair (AIF) kembali menggelar Festival Musik Islami se-Jawa Barat, Jumat-Senin (27-30/9/2019).

Menurut Ketua Yayasan Al-Falah Pangatikan, Abdul Basith, festival musik tersebut dalam rangka rangkaian kegiatan reuni santri Ponpes Al-Falah yang sudah berdiri sejak tahun 1965.

“ Ponpes Al-Falah telah melahirkan ribuan alumni yang tersebar di berbagai daerah. Sambil reuni, kami gelar festival musik islami anak-anak didik alumni. Ini kegiatan yang kedua kalinya,” kata Abdul Basith, Kamis (26/9/2019).

Festival Musik Islami  juga terbuka untuk umum. Artinya, setiap Ponpes atau grup musik bisa ambil bagian atau mengikutinya.

“ Festival ini dibagi tiga kategori. Yakni, kategori Kasidah Rebana, Radroh dan Marawis. Sebanyak 150 grup mengikuti kegiatan ini. Masing-masing grup berjumlahkan 15 anggota,” ujar dia.

“ Peserta yang daftar dari Kabupaten Ciamis, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kota Cimahi, Cikampek, Karawang, Subang dan Kabupaten Garut,” sambung Basith.

Selain Festival Musik Islami, pihaknya juga menggelar acara khusus untuk tingkat Kabupaten Garut. Diantaranya, Cerdas Cermat, Tahfiz, Pildacil dan lomba membaca kitab Kuning.

“ Acara ini sebagai bentuk rasa syukur kami. Pasalnya, tahun ini telah membuka kegiatan pendidikan formal, Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu (SMKIT) Al-Falah Pangatikan,” pungkasnya.

(MRF/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here