Bimtek SDGs Desa Sukaluyu Garut Digelar

sdgs inewsonline.co.id
Bimtek (foto Andian)

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Bimbingan Teknis (Bimtek) Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut digelar. Hadir pada kesempatan tersebut Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Sukawening, Yuddy Kuswanadipura, Pendamping Desa, Kepala Desa Sukaluyu, Ketua Pokja  SDGs Sukaluyu, para RT dan RW.

Kasi PMD Kecamatan Sukawening, Yuddy Kuswanadipura, mengatakan, SDGs adalah proses percepatan pembangunan di daerah yang mana kini pembangunan bukan lagi atas dasar keinginan melainkan kebutuhan.

“ Pembangunan akan dirasakan ketika dibangun berdasarkan kebutuhan bukan atas dasar keinginan,” ujar Yuddy.

Baca juga : Disdukcapil Garut Optimalkan Pelayanan Dokumen Kependudukan

Sementara itu, Kepala Desa Sukaluyu, Asep Kurniawan, menyebutkan, acara ini intinya guna memperoleh atau pemutahiran data yang akurat dan berkesinambungan.

sdgs, inewsonline.co.id

“ Acara ini menitikberatkan pada penggalian potensi sekaligus percepatan pembangunan di desa dengan didukung oleh data yang akurat,” singkat Asep.

Di tempat terpisah, Sekdes Sukaluyu yang juga selaku Ketua Pokja SDGs, Arief Sukma Hardiana, menjelaskan, kegiatan ini mudah mudahan data lengkap masyarakat dapat ter-update hingga ke pusat yang di komandoi oleh kemendes. Yang mana mudah mudahan bisa berdampak positif ke segala aspek kehidupan masyarakat desa ke depannya.

Masih menurut Arief, SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“ SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa,” ungkap Arief.

Lebih jauh dijelaskan dia, merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu,  Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera, Pendidikan desa berkualitas, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi, Desa yang berenergi bersih dan terbarukan, Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, Inovasi dan infrastruktur desa, Desa tanpa kesenjangan, Kawasan pemukiman desa berkelanjutan, Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, Ekosistem laut desa, Ekosistem daratan desa, Desa damai dan berkeadilan, Kemitraan untuk pembangunan desa serta Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

“ Upaya pencapaian SDGs dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 tidaklah mudah. Karenannya, penggunaan Dana Desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa,” pungkas  Arief.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here