Bisnis Jangkrik Menjanjikan Tapi Butuh Keuletan

jangkrik inewsonline.co.id
Jangkrik jantan (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id:  Jangkrik atau Cengkerik (Gryllidae) adalah serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, memiliki tubuh kecil silindris, kepala hampir bulat dan sungut panjang seperti benang.

Dikenal dengan suaranya yang khas, yang dihasilkan oleh cengkerik jantan. Suara ini digunakan untuk menarik kedatangan betina dan mengusir kehadiran jantan lainnya.

Suara Jangkrik semakin keras dengan naiknya suhu  sekitar. Di dunia dikenal sekitar 900 spesies, termasuk di dalamnya adalah gangsir.

jangkrik inewsonline.co.id
Benih Jangkrik (foto web)

Jangkrik telah dipelihara manusia sejak lama. Di Asia dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Baca Juga: 16 Manfaat Sirih untuk  Urusan Kewanitaan

Laga cengkerik adalah sejenis permainan yang populer dan kerap kali melibatkan taruhan, Di Brasil, Jangkrik hitam di dalam ruangan dipercaya sebagai tanda datangnya penyakit, cengkerik hijau harapan dan kelabu uang.

Jangkrik memiliki agihankosmopolitan,  ditemukan di semua bagian dunia kecuali di wilayah dingin di atas lintang 55° ke utara maupun selatan.

Serangga ini mengkolonisasi pulau-pulau besar dan kecil, melalui udara (terbang) atau air (terbawa kayu atau bagian tumbuhan lain yang terapung-apung di laut), atau diangkut oleh aktivitas manusia.

Keragaman jangkrik yang tertinggi berada di wilayah tropis. Di dekat Kuala Lumpur misalnya, pernah tercatat sebanyak 88 spesies  yang terdengar suara deriknya dari satu lokasi saja. Belum lagi termasuk jenis-jenis yang tidak mengeluarkan suara.

jangkrik inewsonline.co.id
Jangkrik muda (foto web)

Serangga ini hidup di banyak macam habitat. Kebanyakan tinggal di antara rerumputan dan terna. Namun jenis-jenis lainnya hidup di semak-semak dan sebagian lagi di atap tajuk pepohonan.

Cengkrik juga hidup di tanah dan gua. Ada yang menggali lubang-lubang yang dangkal ataupun dalam di tanah, ada pula yang hanya bersembunyi di balik tumpukan batu atau kayu lapuk.

Berbisnis Cengkrik merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Hanya saja, peluang bisnis satu dibutuhkan ketekunan dan ketelitian.

Dalam membudidayakan dan menjadikan peluang usaha terhadap serangga unik satu ini memang terdengar aneh bila anda tidak terlalu dalam mengenal sosok serta manfaat dari Jangkrik.

Berikut tips budidaya: 

Budidaya

Apabila banyak orang yang memilih membudidayakan kambing atau sapi yang lebih besar nominal harganya di pasaran, jangan ragu dulu dengan ternak binatang ini. Hewan ini unik anggota serangga yang memiliki banyak sekali manfaatnya.

Harga bibit telur per kilogramnya Rp2-3 ratus. Tentu hal ini akan sangat membantu anda dalam memulai usaha, karena untuk modal awal anda mampu memperkirakan sendiri seberapa peluang menjanjikan ini akan anda mulai.

Manfaat 

Dari segi manfaat, sangat banyak sekali manfaat dari serangga satu ini. Pun dari segi ekonomis, anda dapat menjual dengan harga tertentu untuk dijadikan pakan burung peliharaan. Ada juga yang menggunakan untuk campuran obat-obatan.

Selain itu, suara hewan ini lirih dan unik itu sebagai MP3 atau hewan yang mampu membantu anda dalam mengusir tikus

Lahan Budidaya

Untuk area yang tepat dalam memulai budidaya sebenarnya susah-susah gampang. Karena binatang ini hidup dengan lingkungan yang hening dan tenang.

Selain itu, anda juga membutuhkan tempat membudidayakannya yang tidak terkena sinar matahari langsung. Karena akan sangat mempengaruhi kualitas kenyamanan hidup.

Tidak sedikit para pengusaha yang memilih tempat untuk membudidayakannya di daerah pedesaan atau setidaknya ruangan redup. Begitu pula dengan siklus udara yang dibutuhkan agar tetap hidup serta mampu berkembang biak dengan baik adalah siklus udara yang cukup baik.

Perawatan

Dengan ketelatenan dalam perawatannya, maka anda akan mendapatkan hasil maksimal pula dalam pengembangan budidaya. Selain itu, hanya keuletan anda yang nantinya akan memberikan hasil maksimal serta tepat dalam pengembanganya.

Peluang Usaha

Peluangnya tidak sedikit. Jika ditelateni, untuk beberapa ekor  saja anda akan mendapatkan untuk berlipat ganda, karena biasanya orang mencarinya  untuk pakan burung. Sedangkan siklus yang dibutuhkan pasti berkelanjutan.

Nah, itulah yang nantinya akan sangat membantu anda dalam menjalankan usaha. Bukan hanya itu, anda juga dapat menjualnya dengan membuka sendiri toko pakan.

Semakin banyak orang dan pelanggan anda, maka lambat laun akan anda dapatkan wawasan tambahan dari orang-orang tersebut. Anda juga dapat memulai usaha dengan menyuplai beberapa toko pakan untuk dijual kembali. Atau anda juga dapat menjualnya sendiri tanpa toko, karena dengan memanfaatkan kecanggihan sosial media.

Beberapa teman atau saudara yang suka memelihara burung, mungkin bisa menjadi pelanggan baru anda. Dengan memanfaatkan via ponsel atau teknologi canggih saat ini bisa digunakan sebagai langkah awal dalam memberikan pelayanan bagi para konsumen.

Tentunya, dengan jumlah tertentu agar anda juga tidak akan merugi. Mungkin memang perlu waktu, tetapi setiap usaha yang dimulai dari niat yang baik serta ketekunan.

Selamat mencoba !!!

(Frima/berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here