BLBI Abiyoso Gelar Bimtek Baca Tulis Braille

BANDUNG, iNEWSOnline.co.id: Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) baca tulis braille bagi petugas balai, para pendamping penyandang disabilitas, guru SLB, dan petugas perpustakaan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari. Mulai tanggal 27 hingga 30 Juli 2020 di Hotel California, Kota Bandung.

Diera tatanan baru, seluruh kegiatan ini tentunya dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Lanjut Usia, Andi Hanindito, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat sekaligus membuka acara dan memberi arahan kepada seluruh peserta Bimtek.

Harry juga tak henti-hentinya mengingatkan akan pentingnya protokol kesehatan di era new normal ini.

Kepala BLBI Abiyoso, Isep Sepriyan menyampaikan, peserta bimtek berjumlah 40 orang yang terdiri dari Guru SLB, Pustakawan, Pendamping Penyandang Disabilitas, dan petugas Balai.

Kegiatan tersebut merupakan upaya peningkatan kemampuan baca tulis braille bagi para petugas maupun tenaga pengajar.

Selain itu, untuk meningkatkan pemanfaatan literasi braille hasil produksi BLBI Abiyoso oleh Penyandang Disabilitas Sensorik Netra.

Harry juga menuturkan, melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan upaya kita dalam memberikan pelayanan yang hebat khususnya bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (PDSN) ditempat kerja masing-masing.

” Pelayanan bagi PDSN harus dilakukan secara serius sehingga tujuan meningkatkan pelayanan publik dengan zero complain dapat terwujud. Kapasitas pegawai bidang pelayanan bagi penyandang disabilitas dan meningkatkan etos kerja, tanggung jawab dan disiplin pegawai dapat tercapai,” tutup Harry.

Pada kegiatan ini, para peserta sejumlah 40 orang dilatih oleh 4 orang instrutur braille dari BLBI Abiyoso. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Jabar, Adun Abdullah Syafii, Dosen sekaligus Praktisi Braille, Ahmad Nawani pun turur serta menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan baca tulis braille.

Selain para peserta dilatih baca dan tulis braille, peserta juga diperkenalkan dengan berbagai produk BLBI Abiyoso yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh para peserta maupun teman-teman disabilitas netra dilingkungannya/wilayah dampingan peserta. Hasil produksi BLBI Abiyoso ini yaitu buku braille, dan buku bicara. Selain itu berbagai layanan BLBI Abiyoso pun tak luput untuk diperkenalkan. Perpustakaan Braille Keliling dan Bioskop berbisik misalnya, yang begitu menarik perhatian para peserta.

Para peserta pun diberi kesempatan untuk mengunjungi perpustakaan braille keliling yang sudah kamis sediakan di lokasi pelatihan secara bergantian. Seluruh peserta begitu antusias dengan hal tersebut.

Diakhir seluruh rangkaian kegiatan pelatihan, para peserta berkesempatan untuk memperoleh buku-buku braille secara gratis sesuai dengan judul buku yang diinginkan. Buku-braille ini nantinya akan mereka salurkan kembali atau dimanfaatkan oleh teman-teman disabilitas sensorik netra di lingkungannya.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here