BPBN dan GMBI Jalin Sinergitas dengan Pemerintah Desa se-Kecamatan Sucinaraja

BPBN dan GMBI Jalin Sinergitas dengan Pemerintah Desa se-Kecamatan Sucinaraja (Foto Ridwan)

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Peran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) kerap membantu menopang pembangunan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ormas dan LSM memiliki peranan menjembatani, memperjuangkan sekaligus membela kepentingan rakyat dari dominasi kepentingan modal dan politik praktis.

Dengan kekuatan kolektivitas, kemampuan serta pengorganisasian massa, Ormas dan LSM berfungsi mengawasi sekaligus terlibat aktif dalam kebijakan-kebijakan atau program-program pembangunan demi kepentingan publik.

Demikian disampaikan Ketua Ormas Barisan Patriot Bela Negara (BPBN) DPW 2 Garut, Apen Supriadi. Menurut dia, Ormas dan LSM memiliki fungsi menjaga stabilitas politik dan sosial di lingkungannya.

“ Hari ini, Kami dan LSM GMBI Kecamatan Sucinnaraja silaturahmi ke Pemerintah Desa Linggamukti untuk menjalin sinergitas,” kata Apen seusai melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dan silaturahmi,” rabu (23/10/2019).

Ormas dan LSM sambung Apen, merupakan sebuah wadah atau lembaga yang berlegalitas jelas. Yakni, berkedudukan sebagai sebuah lembaga penengah antara pemerintah dan warga negara.

Oleh karenanya, Ormas dan LSM harus bersikap kritis terhadap kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat.

“ Sikap kritis itu hendaknya dipahami. Kami dan LSM tumbuh sebagai kekuatan peyeimbang. Baik terhadap pemerintah maupun swasta. Kekuatan penyeimbang ini diperlukan agar mekanisme demokrasi dapat bekerja dengan baik,” ungkapnya.

Ormas dan LSM tidak mesti  dinilai sebagai kekuatan oposisi, karena merupakan mitra pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan.

(MRF/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here