BUMDes Jaya Mandiri Sukamanah Malangbong Meroket

GARUT, iNEWSOnline.co.id :Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Jaya Mandiri Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong Garut kini tengah naik daun alias Meroket. Betapa tidak pasalnya, perkembangan usahanya sudah sangat luar biasa.

Demikian diungkapkan Kepala Desa Sukamanah, Aten Sulaeman. Menurutnya, Bumdes yang tengah dibinanya itu ini sungguh luar biasa perkembangannya.

” Bumdes Jaya Mandiri salah satu Bumdes yang paling berkembang,” kata Aten kepada iNEWSOnline.co.id, Jumat (8/5/2020).

Disebutkan dia, Bumdes Jaya Mandiri, mempunyai produk unggulan yaitu pembuatan golok, Kampak, pisau dan lainnya yang berkaitan dengan besi.

” Bumdes pun menjadi bapak angkat bagi para pengrajin atau pandai besi dibeberapa kampung,” imbuhnya.

Aten menambahkan, produk dari Bumdes Jaya Mandiri ini sudah di pasarkan di beberapa kota besar di Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan, serta beberapa daerah lainnya.

” Dengan adanya wabah Virus Corona (Covid-19) ini pihaknya merasa kesulitan memasarkan karena para pedagang memilih pulang kampung. Harapanya wabah ini segera berlalu supaya ekonomi masyarakat kembali lagi seperti semula,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya pun mencoba mengembangkan ternak ayam petelur. Dimana modal awal Rp 150 juta meliputi membangun kandang batre dengan kapasitas 800 ekor dan menyediakan ayam sekitar 400 ekor.

” Seiring berjalan waktu, alhamdulillah, ayam sudah bertambah menjadi 900 ekor. Dan telurnya berebut diambil untuk dipasarkan oleh pengepul,” pungkas Aten nampak puas.

(Cep K/Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here