BUMDes Mekar Harapan Wanamekar, Gelar Pelatihan Pembuatan Surpet

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Mempunyai tempat tinggal atau rumah yang nyaman hampir merupakan idaman setiap orang. Berbagai upaya dilakukan untuk menghadirkan suasana adem, nyaman serta representatif yaitu salah satunya dengan melengkapi interior rumah seperti Kasur Karpet (Surpet) yang didesain sesuai dengan selera.

Surpet yang awalnya hanya berfungsi sebagai penutup lantai, sekarang sudah hampir menjadi kebutuhan setiap rumah dengan model dan corak warna-warni.

Bahkan, bagi yang jeli, fenomena fenomena kebutuhan Surpet yang kini dimainati warga, bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menggiurkan. Peluang ini mulai dilirik Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) Mekar Harapan Desa Wanamekar Kecamatan Wanaraja.

Geliat pengelolaan BUMDes Wanamekar mulai terlihat, kini mulai memantapkan focus usaha yang bisa dikelola Desa dan bisa menyerap lapangan pekerjaan yang menghasilakan secara ekonomis, salah satunya Produksi Surpet secara Home Industri.

Sekertaris BUMDes Mekar Harapan Desa Wanamekar, Pipin Aripin saat ditemui di sela sela Pelatihan Pengrajin Kasur Karpet, mengatakan, BUMDes melaksanakan pelatihan bagi 35 Orang Calon Pengrajin Surpet yang di gelar di Aula Desa Wanamekar sejak Jumat-Minggu (17-19/01/2020).

Diharapkan lanjut Pipin, pelajaran singkat ini bisa menjadi bekal keilmuan yang baru, secara sumber daya manusia (SDM) bagi para pengelola dan pengrajin mempunyai kemampuan memproduksi Surpet.

” Tahun 2016, BUMDes Mekar Harapan mendapatkan kucuran dana sebesar Rp. 100 juta dan tahun 2018 kembali mendapatkan penyertaan modal sebesar Rp 100 juta. BUMDes sendiri bergerak di bidang jasa Simpan pinjam, Gas LPG dan kini mulai ke pembuatan produksi Surpet,” pungkas Pipin.

(MRF/Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here