Cawagub Dedi Mulyadi Sebut Persoalan Lingkungan Hidup ada di Tata Ruang Daerah

Cawagub Dedi Mulyadi (foto web)

BANDUNG, iNEWSOnline.co.id : Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat, Dedi Mulyadi menegaskan, persoalan lingkungan hidup di Jabar akan mengalami kehancuran jika dibiarkan. Betapa tidak, ada tata nilai kehidupan yang bergeser sekaligus terjadinya pemisahan antara manusia, alam dan keyakinan.

” Jika ketiga unsur tersebut terpisah akan hancur karena tidak ada keterikatan dengan alamnya. Ajaran Sunda mengajarkan papat kalima panceg, manusia yang sempurna adalah manusia yang menyatu dengan alamnya secara paripiurna. Prinsip ini hilang dalam sistem kita,” kata Dedi dalam diskusi publik ‘Menakar Komitmen Kandidat Gubernur-Wakil Gubernur dalam Perlindungan Ruang dan Lingkungan Hidup Jawa Barat’ di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Kota Bandung, Kamis (3/5/2018).

Persoalan lingkungan lanjut dia, terletak pada tata ruang di sebuah daerah yang tidak terintegrasi dengan baik dan hampir semua Kepala Daerah mempunyai orientasi untuk mengubah daerahnya.

” Ini problem yang harus diselesaikan. Berulang-ulang saya sampaikan bagaimana menyelesaikan hulu Citarum dan bagaiman mengubah pola pikir orang yang ada di pinggiran hutan,” beber Dedi.

Untuk menyelesaikannya, dibutuhkan komitmen kuat dari semua pihak. Pemahaman dan kesadaran menjadi faktor utama. Dimana Pemerintah mendorong melalui aturan dan tindakan yang nyata.

(frima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here