Cegah Stunting dan Obesitas, TP PKK Wanaraja Gencar Sosialisasikan “Isi Piringku”

Ketua TP PKK Kecamatan Wanaraja (Foto Ridwan)

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut gencar menyosialisasikan program “Isi Piringku” dan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kader PKK se-Kecamatan Wanaraja (Foto Ridwan)

Sosialisasi terbaru dilakukan kepada puluhan kader PKK bertempat di Aula Kantor Kecamatan Wanaraja, Jumat (18/10/2019) kemarin.

Ketua TP PKK Kecamatan Wanaraja, Tuti Setiawati Permana menegaskan, Isi Piringku dan PHBS merupakan program yang dicanangkan pemerintah bagi masyarakat dalam memahami porsi makan sehari-hari yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

“ Artinya, makan bukan hanya sekedar kenyang, namun harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sesuai dengan usia kita,” terang Tuti.

Menurut Tuti, sosialisasi tersebut sebagai upaya pencegahan stunting dan obesitas di wilayah binaannya.

Sementara menurut Ketua Pokja 3 TP PKK Kecamatan Wanaraja, Candra Wati menerangkan, program Isi Piringku terdiri dari makanan pokok.

Yakni, sumber karbohidrat 2/3 (makanan pokok, nasi, umbi umbian, roti) dari 1/2 piring yang dilengkapi dengan lauk pauk sebagi sumber Protein 1/3 dari 1/2 piring dan untuk 1/3 diisi dengan buah buahan sebagai sumber vitamin dengan porsi 1/3 dari setengah piring dan sayuran 2/3 dari 1/2 piring sebagai sumber Vitamin dan mineral.

(MRF/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here