Dadang Sudrajat : BUMD Solusi Terbaik Peningkatan PAD

bumd, inewsonline.co.id
Anggota Komisi 1 DPRD Garut Fraksi Demokrat, Dadang Sudrajat

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Anggota Komisi 1 DPRD Garut Fraksi Demokrat, Dadang Sudrajat menyebutkan bahwa pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) merupakan solusi terbaik saat ini guna mendongkrak peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Garut.

“ Ya, BUMD akan menjadi solusi terbaik guna mendongkrak PAD Garut,” kata Dadang kepada iNEWSOnline.co.id, melalui pesawat telpon, Rabu (13/1/2021) malam.

Disebutkan dia, pembentukan BUMD tersebut terlebih dahulu dilihat dari dasar hukumnya. Dimana Pemkab Garut sendiri  sudah membuat Peraturan Daerah (Perda) no 20 tahun 2012 Tentang Pembentukan BUMD PT Garut Bangun Sejahtera (GBS).

Baca juga: Pandemi Covid 19, SMA Tunas Persada Malangbong Berlakukan Luring

“ Dilihat dari isi Perda tersebut terutama Pasal 4 sudah  jelas dimana pointnya, Mengembangkan potensi sumber daya dan memeperluas wilayah usaha, mendorong pertumbuhan ekonomi, memberikan kontrubusi PAD dan meningkatkan daya saing dalam rangka mengantisipasi perkembangan ekonomi nasional,” imbuh legislator berlambang bintang mercy.

bumd, inewsonline.co.id

Maka lanjut dia, dengan dibentuknya PT GBS dapat memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus akan meningkatkan roda enonomi warga.

bumd, inewsonline.co.id
poto web

“ Maka tidak ada asalan Pemkab Garut harus segera mengimplementasikan Perda tersebut,” ujar Dadang.

Diterangkan dia, dengan dibentuk PT GBS maka dengan sendirinya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berpotensi menghasilkan PAD harus segera ditarik ke BUMD. Contoh kasus Pasar jika dikelola secara profesional oleh BUMD dalam hal ini PT GBS maka akan mengurangi beban operasional. Disamping itu akan dapat bersaing dengan toko modern.

Bidang Pariwisata, dewasa ini kita bisa bandingkan berapa biaya operasional  yang dikeluarkan dan berapa pendapatan yang dihasilkan. Tentunya hal tersebut jika digali dan dikelola oleh BUMD maka pihaknya merasa yakin akan lebih berkembang pesat.

bumd, inewsonline.co.id

“ Dengan adanya BUMD maka dengan sendirinya akan mengurangi beban APBD  terhadap biaya operasional, biaya belanja pegawai serta yang lainnya,” terangnya.

 Masih menurut Dadang, sudah saatnyanya Pemkab Garut tidak membelanjakan APBD nya untuk kegiatan-kegiatan konsumtif SKPD. Maka SKPD yang berpotensi harus segera dikembangkan.

“ JIka APBD ini mau sehat, maka kurangi biaya operasional SKPD lewat pembentukan BUMD,” tutur wakil rakyat yang dikenal tegas namun santun ini.

Keuntungan lain dengan dibentuknya BUMD yaitu, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan income per kapita, meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi, sehingga dengan kata lain akan mendongkrak PAD Garut

“ Untuk itu, saya sebagai wakil rakyat sangat mendukung dengan dibentuknya BUMD demi peningkatan PAD Garut,” tutup Legislator dua periode ini.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here