Desa Jadi Salah Satu Skala Prioritas Pembangunan di Jabar

Foto Humas

KUNINGAN, iNEWSOnline.co.id: Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat fokus terhadap program pembangunan di perdesaan.

Foto Humas

Pasalnya, desa menjadi salah satu skala prioritas dalam pembangunan di Jawa Barat.

” Desa adalah ujung tombak dalam pembangunan,” ucap Uu saat menghadiri Anugerah Desa Maju 2019 di Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Rabu (4/9/2019).

Oleh karena itu, pihaknya memiu desa menjadi pusat program pembangunan dengan menggulirkan berbagai program. Antara lain, program One Pesantren One Product (OPOP), Desa Digital, hingga Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Terkait OPOP, Pemdaprov Jabar telah memberikan bantuan modal hingga pelatihan kepada 1.074 pesantren yang lolos audisi Tahap I. Untuk Desa Digital, Pemdaprov Jabar mendorong pemanfaatan teknologi digital berbasis aplikasi untuk usaha desa.

Sementara melalui program Gerbang Desa, Pemdaprov Jabar terus mendorong pembangunan irigasi dan kebutuhan infrastruktur desa lainnya.

Uu juga berpesan kepada para kepala desa untuk memperhatikan program pembangunan moral dan akhlak masyarakat.

Anugerah Desa Maju menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-521 Kabupaten Kuningan. Acara ini dilakukan untuk menggugah semangat elemen pemerintahan di Kuningan dalam mewujudkan visi misinya, yaitu Mandiri Agamis dan Pinunjul (Maju) Berbasis Desa Tahun 2023.

Berikut 14 nominasi Anugerah Desa Maju 2019, Desa Maju Bidang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, Pendidikan dan Kebudayaan, Keluarga Berencana, Kesehatan dan Ekonomi Kreatif.

Selain itu, Desa Maju Bidang Pariwisata, Lingkungan, Peternakan, Pertanian, Ramah Ibu dan Anak, Investasi, Kesadaran Hukum Taat Pajak serta Desa Maju bidang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

(Tisna Wibawa/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here