Di Sukaluyu PKH Tidak Tepat Sasaran

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Program Keluarga Harapan (PKH) yang dikeluarkan Pemerintah Pusat khususnya di Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Garut tidak tepat sasaran. Betapa tidak, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program PKH rata rata mempunyai pendapatan yang lumayan dan kondisi rumah bagus serta mempunyai kendaraan roda dua.

Demikian diungkapkan Sekretaris Karang Taruna Desa Sukaluyu, Diki Permana. Menurutnya, dirinya terjun langsung ke lapangan dan kedapatan rumah KPM yang sudah dilabelisasi rata rata sudah permanen.

” Bahkan diperparah dengan adanya KPM yang rumah bagus serta mempunyai kendaraan roda dua,” kata Diki kepada iNEWSOnline.co.id, Jumat (5/6/2020).

Disebutkan Diki, dirinya merasa heran dengan kondisi demikian. Mengingat masih banyak warga yang perekonomian dibawah dari KPM yang kini mendapatkan Program PKH.

” Terdapat salah satu warga yang kondisinya rumah ambruk, janda dan masih mempunyai anak sekolah tapi tidak mendapatkan PKH,” sebut Diki nampak heran.

Diki pun mempertanyakan sejauh mana peran serta dan aktivitas Pendaping Desa, terutama melaporkan perkembangan KPM yang sudah menerima tapi sudah tidak layak ataupun yang belum menerima PKH.

” Saya pertanyakan kinerja Pendamping PKH di Sukawening khususnya di Sukaluyu,” tegas Diki.

Senada diungkapkan Ketua RT 01 RW 04 Desa Sukaluyu, Ucu Hernawati. Menurutnya, pihaknya mempertanyakan sasaran yang dapat PKH itu seperti apa.

” Mengingat banyak warga yang rumah nya bagus tapi mendapatkan PKH sementara yang warga yang ekonominya dibawah tidak mendapatkan,” sebut Ucu.

Disebutkan Ucu, pihaknya banyak kedatangan warga yang mempertanyakan pengajuan PKH. Terus terang dirinya kebingungan selama ini tidak ada koordinasi dengan Pendaping PKH.

” Tolong kasih penjelasan, pengajuan mendapatkan PKH kemana dan harus kepada siapa,” pinta dia.

Ucu pun mengimbau kepada KPM yang sudah merasa mampu untuk Graduasi atau mengundurkan diri. Atau setidaknya mau berbagi dengan warga yang kondisinya sudah jelas jelas sangat membutuhkan.

” Kami minta KPM yang sudah merasa mampu untuk Graduasi. Kasihan masih banyak warga yang benar benar membutuhkan,” tutup Ucu.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here