Disdukcapil Garut Optimalkan Pelayanan Dokumen Kependudukan

disdukcapil, inewsonline.co.id
Kepala Disdukcapil Garut, Rina Siti Syabariah

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut dewasa ini tengah mengoptimalkan pelayanan prima kepada masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan.

Demikian diungkapkan Kepala Disdukcapil Garut, Rina Siti Syabariah. Menurutnya di tengah pandemi Corona  ini pihaknya terus mengoptimalkan pelayanan. Bahkan sudah sejak lama pihaknya memberlakukan sistem online dimana masyarakat tidak perlu datang ke Disdukcapil, cukup mengakses laman https://pasti-oke.disdukcapil.garutkab.go.id.

“ Warga cukup dengan daftar online maka sudah bisa mengurus dokumen kependudukan,” kata Rina kepada iNEWSOnline.co.id, melalui pesawat telpon, Jumat (23/4/2021).

Baca juga : Gabungan Polsek Sukawening Wanaraja Bubarkan Balap liar

disdukcapil. inewsonline.co.id

Disebutkan Rina  sebenarnya, online itu inovasi terbaru dengan  moto ‘Daftar dari rumah dan terima dokumen di rumah’. Hal tersebut karena pengiriman dokumen via  email untuk Akta  Capil,  Pindah, dan Kartu Keluarga (KK) . Maka warga bisa mencetaknya sendiri. Namun untuk  Ktp-el dan  KIA  dikirim melalui Pos.

“ Seandainya ada masalah seperti belum menerima email, bisa langsung datang ke Disdukcapil Garut untuk langsung di terbitkan dengan memperlihatkan pendaftaran onlinenya,” terang Rina, seraya menambahkan  pelayanan yang datang ke Disdukcapil itu hanya untuk Perekaman, Kedatangan , Update dan iris mata.

Rina menjelaskan, ketika mengakses laman https://pasti-oke.disdukcapil.garutkab.go.id. tertera akan ada beberapa pilihan layanan, yaitu kartu keluarga, akta kelahiran, surat pindah, sinkronisasi data, perekaman e ktp, akta kematian, akta perkawinan, KTP Elektronik dan KIA (kartu identitas anak). Pengguna bisa langsung mengklik layanan yang diperlukan. Nanti akan muncul pilihan, membuat akun baru atau masuk dengan NIK dan pasword terdaftar.

disdukcapil, inewsonline.co.id

“ Bagi yang sudah terdaftar tinggal isi langsung NIK dan paswordnya, setelah itu ikuti langkah langkah petunjuknya. Sementara bagi yang belum terdaftar, klik buat akun baru. Setelah proses itu nanti akan ada pemberitahuan melalui email. Dari pemberitahuan itu akan diarahkan untuk masuk ke laman yang ada isian NIK dan pasword terdaftar,” ungkapnya.

Masih menurut Rina, sebaiknya mengurus proses adminisitrasi kependudukan secara mandiri guna meminimalisasi kesalahan serta menghindari penyalahgunaan data oleh pihak lain. Selain itu gunakan fasilitas online yang telah diberikan untuk meminimalisasi campur tangan pihak ketiga dan pemanfaatan data untuk hal yang tidak semestinya.

“ Dengan penggunaan produk digitalisasi dalam registrasi di Disdukcapil saat ini, bertujuan untuk menjaga kerahasiaan data dan mempermudah proses rekapitulasi data kependudukan tanpa campur tangan pihak ketiga,” pungkasnya.

(Rik)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here