Ditengah Pemberlakuan PSBB, Desa Cibatu Alokasikan FKT dan BLT

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Pemerintah Kabupaten Garut menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di 14 Kecamatan yaitu Kecamatan Bl Limbangan, Kadungora, Garut kota, Tarogong kidul, Tarogong Kaler, Cilawu, Banyuresmi, Karangpawitan, Wanaraja, Selaawi, Cibatu, Cisurupan, Cikajang dan Kecamatan Cigedug.

Ditengah pemberlakuan PSBB, Desa Cibatu Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut mengalokasi Dana Desa (DD) untuk Padat Karya Tunai (FKT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Demikian diungkapkan Kepala Desa Cibatu, Dadang Sulaeman. Menurutnya, pihaknya telah mengalokasikan DD guna membantu masyarakat yang terkena dampak Virus Corona (Covid 19).

” Ya, bantuan tersebut berupa PKT dan BLT,” kata Dadang kepada iNEWSOnline.co.id, Rabu (6/5/2020).

Disebutkan Dadang, untuk PKT sendiri dilaksanakan selama dua hari. Dengan ketentuan masyarakat dibayar Rp 50 ribu perhari.

” PKT, kami melibatkan 1000 Kepala Keluarga (KK) dimana warga diintruksikan guna membersihkan lingkungan masing-masing,” sebut Dadang.

Tujuannya lanjut dia, selain untuk merealisasikan anjuran pemerintah dalam program padat karya dan penguatan ekonomi keluarga terdampak Covid 19.

Hal lainnya untuk menumbuhkembangkan kembali rasa gotong royong di lingkungan masyarakat. Yang mana giat gotong royong tersebut sudah sedikit berkurang dilaksanakan di lingkungan masyarakat.

” Dengan adanya program PKT ini sedikitnya mengurangi beban ekonomi masyarakat yang pada masa covid 19 ini terganggu perekonomiannya,” ucap Dadang.

Untuk BLT sendiri sebut Dadang, pihaknya masih menunggu dulu bantuan lainnya dari pemerintah. Hal tersebut sengaja dilakukan guna pemerataan penerima bantuan.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here