DPW APPSI Jabar Edukasi Warga Pasar Bandrek

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Provinsi Jawa Barat gawe bareng Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamerang, Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut mengedukasi Pedagang Pasar Bandrek terkait manajemen pengelolaan dan rencana Revitalisasi Pasar Bandrek.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan DPMD dan Disperindag ESDM Kabupaten Garut yang diwakili Kabid BumDes dan Kabid Pasar, Dedi K serta Asep Mulyana mewakili dinas masing masing.

Ketua DPW APPSI Jawa Barat, Nandang Sudrajat, Sekretaris, Yudi Setia Kurniawan berserta jajarannya.

Ketua APPSI Jawa Barat, Nandang Sudrajat mengatakan, Revitalisasi itu tidak hanya bentuk  fisik pasar saja yang dirubah menjadi modern, namun ada 4. Yakni, Revitalisasi Fisik Pasar, Pola Hidup Pedagang, Manajemen Pedagang dan Revitalisasi Ekonomi Sosial dan Budaya.

APPSI Jawa Barat memberikan edukasi kepada para Pedagang Pasar Bandrek dan mengingatkan bahwa Revitalisasi Fisik pasar saja tidak cukup tanpa revitalisasi lainya. Seperti membiasakan mengatur diri di kios agar rapih dan bersih. Artinya, pedagang harus hijrah dalam pola hidup. Tidak bisa seenaknya.

Bellum lagi pedagang harus mempunyai managemen keuangan yang kuat secara induvidu tidak Gaptek IT. Karena revitalisasi pasar juga berbarengan dengan banyaknya perdagangan online yang saat ini berkembang.

Jika semua itu tidak diikuti dengan baik, revitalisasi fisik hanyalah solusi sementara yang nantinya tidak akan kena tujuan revitaliasasi secara sempurna. Dengan mempertimbangkan kemampuan pedagang dalam membeli harga kios.

Kepala Desa Sukamerang, Bunyamin mengatakan, akan mengkaji ulang rencana revitalisasi pasar Bandrek secara matang dan komprehensif dengan semua pihak. Termasuk untung dan ruginya baik secara aspek ekonomi sosial dan budaya.

Dirinya tidak ingin revitalisasi pasar mendatangkan masalah di kemudian hari, namun tidak ingin juga pasar bandrek sebagai etalase Garut Utara tidak maju atau ketinggalan.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here