Kisruh Dugaan Penyerobotan Lahan oleh PDAM Mencuat Kembali

penyerobotan, inewsonline.co.id
site plan PT Lebak nangka

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Kisruh dugaan penyerobotan lahan Warga oleh PDAM Tirta Intan di Kampung Sarhuni RT 03 RW 03 Desa Sarhuni Kecamatan Lewigoong Kembali mencuat.  Di lokasi tersebut terdapat bangunan megah kokoh berdiri SPAM PDAM Tirta Intan ditanah milik Warga yang sedang dibuatkan perumahan oleh PT Lebak Nangka  Al Nusantara Yaitu Perum Dapira Regency .

Dana puluhan milyar digelontorkan untuk membuat proyek SPAM tersebut guna mengaliri sarana air bersih bagi 3 kecamatan yaitu Lewigoong, Cibiuk dan Limbangan, Namun sayang akhir akhir ini bangunan tersebut ramai digunjingkan oleh Kasus dugaan penyerobotan lahan yang dilakukan oleh PDAM dalam hal ini Pemda Garut.

Kuasa penuh pengurusan hal tersebut dari PT Lebak Nangka Al Nusantara Yudi Setia Kurniawan,  yang juga Ketua Umum LSM Laskar Garut Mandiri (Lagam) menilai pernyataan Bupati Garut dan Dirut PDAM tidak dapat dipegang semuanya terkesan cuci tangan dari permasalahan.

Baca juga: Reses di Bayongbong, Dadang Sudrajat Terapkan Prokes

” Kemarin Bapak Bupati Garut sepakat akan diselesaikan dengan kekeluargaan itu artinya ada penggantian kerugian lahan oleh Pemda atau Bagian aset pemda karena kajian kami tanah itu kalau dimilik sah secara hukum menjadi aset pemda, PDAM hanya pengelola saja,” sebut Yudi.

Penyerobotan, inewsonline.co.id
sertifikat milik PT Lebak nangka

Masih menurut Yudi, pihaknya mendengar mereka mempunyai bukti  juga terkait lahan tersebut.  Silakan di buktikan nanti dipengadilan, karena dari awal kami yang melakukan pembebabasan lahan untuk perumahan tersebut dan sudah dibayar.

“  Kini tiba-tiba Pemda atau PDAM mempunyai contoh sertifikat itu akan memperkuat bukti pidana, tanah milik orang lain pembebasanya sudah kog disertifikatkan,” tegas  Yudi.

penyerobotan, inewsonline.co.id
IMB PT Lebak Nangka

Yudi menjelaskan, bukti kepemilikan lahan PT Lebak Nangka Al Nusantara itu Jelas SHMnya, Luasnya, IMBnya, Site Planya.

“ Kami eskpose di media biar jelas bangunan itu mencaplok tanah hak kami dan itu Pidana,”  tutup Yudi.

penyerobotan, inewsonline.co.id
site plan

Sementara itu dihubungi melalui Pesawat Telpon, Bupati Garut, Rudy Gunawan, hanya menyarankan untuk mengecek ke PDAM dan Bagian Hukum Pemkab Garut.

“ Kita belum tahu masalah itu,” singkatnya.

Direktur Utama PDAM Tirta Intan Garut, Aja Rowikarim, menyebutkan,  Itu bangunan tahun 2016, jauh sebelum dirinya menjabat Dirut. Tidak ada penyerobotan lahan oleh PDAM.  PDAM membangun di tempat itu  pasti ada dasar.

“ Jika memang itu dianggap penyerobotan, mengapa yang bersangkutan tdk mempersoalkan sejak  rencana awal  dan pembangunan berlangsung, kok baru sekarang ?. dan saya juga ingin mengetahui duduk persoalannya,” pungkas Aja.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here