Gagak Lumejang Garda Terdepan Lestarikan Situs Budaya

Moch Wahyu Yunus Ketua Umum Gagak Lumejang bersama pengurus (Foto Deni R)

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Deklarasi pengukuhan Ketua dan pengurus Gagak Lumejang Nasional di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dihadiri lima kabupaten.

Pengukuhannya itu sendiri digelar di Kampung Ciparay, Desa Lebak Jaya, Kacamatan Karangpawitan, Senin (19/8/2019) kemarin.

Terpantau iNEWSOnline.co.id, lebih dari seribu menghadiri deklarasi tersebut. Termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Kacamatan (Forkopimcam) Karangpawitan.

Gagak Lumejang sudah diakui keberadaannya sebagai salah satu organisasi yang bergerak dibidang budaya. Berbagai terobosan dilakukan dalam upaya melestarikan budaya dan situs peninggalan para leluhur yang sudah hampir punah di berbagai daerah.

Hal itu tertuang dalam SK Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tertanggal 27 November 2018.

Ketua Umum (Ketum) Gagak Lumejang, Moch Wahyu Yunus MD (Abah Yunus) menyebut, visi dan misi Gagak Lumejang adalah “ Nu jauh didekeutkeun, geus deukeut dipahetkeun, geus paheut urang silih asah silih asih silih asuh tur silih wangikeun.”

Artinya, yang jauh didekatkan, sudah dekat dieratkan, kalau sudah dekat kita saling mengingatkan, saling mengasihi dan saling menolong, saling menghargai satu sama lain demi mencapai tujuan.

Menurut Abah Yunus, Gagak Lumejang harus dekat dengan masyarakat dan menjadi garda terdepan dalam menjaga kelestarian situs budaya serta keberadaannya harus dapat dirasakan oleh masyarakat.

“ Selain membersihkan situs dan merawatnya. Kami juga sudah membuat beberapa Tempat Pemakaman Umum (TPU), jamban umum dan saluran air,” ucap dia.

” Semoga kehadiraan kami dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat,” pungkasnya.

(Deni Rinjani/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here