Gubernur Jabar: Hasil Pembangunan Bisa Dirasakan di Tahun Ketiga

Foto Humas

BANDUNG, iNEWSOnline.co.id: Kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum genap satu tahun (5 September 2019) lalu.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil), tahun pertama merupakan tahun membangun fondasi. Merujuk teori demokrasi pemerintahan, hasilnya terlihat di tahun ketiga.

” Istilahnya kami (Ridwan Kamil-Uu) ini sedang bercocok tanam. Jadi belum semuanya bisa dipanen (baru sebagian),” kata Emil seusai acara Informil (Informasi Ridwan Kamil) di halaman Gedung Sate Kota Bandung, Jumat (6/9/2019) kemarin.

” Hasilnya terasa di tahun ketiga. Dimana pada tahun pertama membangun fondasi dan tahun kedua mengakselerasi,” sambung Emil.

Emil juga menjabarkan sejumlah capaian Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar yang sudah terlihat di tahun pertama.

Salah satunya, menyangkut pembangunan desa. Lebih dari 500 desa di Jabar sudah naik status dari desa berkembang menjadi maju. Bahkan, sudah tidak ada lagi desa berstatus sangat tertinggal.

” Kami banyak menolong desa dengan program One Village One Company (OVOC), Desa Wisata dan Desa Digital,” ucap Emil.

Meski begitu, Emil menyadari bahwa salah satu permasalahan di Jabar adalah ketimpangan ekonomi perdesaan dan perkotaan. Oleh karena itu, 60 persen pembangunan difokuskan di desa.

” Mudah-mudahan tiap tahun sampai akhir masa jabatan saya, semua desa statusnya naik jadi mandiri,” tegasnya.

Menyoal pembangunan infrastruktur, sejumlah jalur kereta api tengah dalam proyeksi reaktivasi untuk menopang sektor pariwisata. Diantaranya jalur kereta api Banjar-Pangandaran dan Bandung-Ciwidey yang menjadi prioritas.

(Tisna Wibawa/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here