Gubernur Jabar Ingin Tour de Linggarjati Jadi Event Kelas Dunia

Foto Humas

KUNINGAN, iNEWSOnline.co.id: Event balap sepeda Tour de Linggarjati sukses digelar untuk kelima kalinya di Kabupaten Kuningan, Kamis-Minggu (12-15/9/2019).

Tour de Linggarjati diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai negara.

Gubernur jabar (Foto Humas)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) hadir di hari terakhir untuk melepas 6.000 peserta funbike se-pulau Jawa dan 530 pebalap sepeda se-Asia Tenggara.

Menurut Emil, Tour de Linggarjati sebagai event tahunan berskala internasional merupakan hal yang membanggakan bagi Jabar. Dia berharap, penyelenggaraan ke-6 tahun depan (2020) menjadi event kelas dunia.

” Ini adalah tur sepeda membanggakan. Mudah-mudahan tahun depan kelasnya naik jadi internasional secara global. Kita akan selalu memastikan acara semakin besar,” kata Emil.

Tour de Linggarjati sambung Emil, tak hanya sebagai event olahraga, tapi bisa memberikan dampak untuk peningkatan citra pariwisata. Khususnya bagi Kabupaten Kuningan.

Terkait penyelenggaraan Tour de Linggarjati tahun depan, Emil ingin jalur yang dilintasi tidak hanya di wilayah Kuningan, tetapi lintas wilayah kabupaten/kota. Dengan begitu, pemandangan indah di daerah lain juga akan terlihat oleh peserta.

” Kita sudah bicara dengan Pak Bupati (Kuningan) untuk melakukan perlintasan lintas wilayah tapi tetap start finisnya di sini. Hanya jalurnya melewati beberapa kabupaten-kota,” ucap dia.

Bupati Kuningan Acep Purnama bangga event Tour de Linggarjati tidak pernah absen selama lima tahun.

” Ini sudah jadi kalender event tahunan tidak boleh satu kalipun terlewatkan,” ucapnya.

Acep berharap, event ini bisa mendorong semangat masyarakat untuk bersepeda sehingga bisa lahir bibit-bibit baru pebalap sepeda.

” Ini berarti ada sebuah peluang untuk mencari bibit atlet dan memotivasi semua masyarakat khususnya Kuningan umumnya Indonesia, untuk bergairah kembali dalam bersepeda,” tutup Acep.

Adapun Tour de Linggarjati mempertandingkan beberapa kategori. Diantaranya, Individual Time Trial (ITT), Individual Road Race (IRR) dan Criterium.

(Tisna Wibawa/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here