Gubernur Jabar Sebut Pemindahan Ibu Kota Cerminkan Indonesia Sentris

Foto Humas

BANDUNG, iNEWSOnline.co.id: Mengakhiri pidato kenegaraannya dihadapan para anggota DPR/DPD, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meminta izin memindahkan ibu kota negara dari jakarta ke Kalimantan.

Menurut Presiden, ibu kota bukan hanya simbol atau identitas bangsa, tapi representasi kemajuan bangsa. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan pemerataan ekonomi dan visi Indonesia maju.

Menanggapi rencana pemindahan ibu kota, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan hal itu. Bahkan, pemindahan ibu kota mencerminkan Indonesia sentris.

“ Tidak ada masalah, itu untuk kepentingan bangsa. Indonesia ini tidak boleh Jawa sentris, tapi harus Indonesia sentris. Maka dengan pesan pemindahan ibu kota, itu mengindikasikan semangat Indonesia sentris,” kata Emil.

Emil juga menegaskan, Jawa Barat akan terus memainkan perannya dengan baik untuk masyarakat dan bangsa. Meskipun ibu kota negara pindah ke Kalimantan.

“ Jawa Barat mengikuti sejarah, pada saat menyangga ibu kota kita akan berperan dengan baik. Pada saat nanti Jakarta hanya sebagai pusat ekonomi bukan ibu kota lagi, kita juga akan menjalankannya dengan baik,” pungkasnya.

(Tisna Wibawa/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here