Gubernur Jabar Tekankan Bupati dan Wali Kota untuk Membangun Daerah

Foto Humas

BEKASI, iNEWSOnline.co.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) menyebut, sekitar 60 persen kawasan industri nasional berada di wilayahnya.

Hal tersebut menunjukkan adanya kenyamanan dan kualitas fasilitas infrastruktur perhubungan yang melancarkan bisnis dan investasi.

” Di mana ada kelancaran transportasi, di situlah ada kelancaran pembangunan,” kata Emil di acara upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Kamis (19/9/2019).

Untuk mepelancar transportasi, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar akan merevitalisasi 45 ruas jalan tol, enam jalur kereta api, Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, kereta api cepat dan pengembangan bandara di Pangandaran dan Sukabumi.

Selain itu, berencana membangun jalan paralel bagi kendaraan besar antarkabupaten/kota sekaligus mendorong adanya budaya naik transportasi massal/publik.

” Itu adalah investasi inovasi yang sedang kami kembangkan. Tapi yang terpenting, kita harus memotivasi warga naik kendaraan transportasi publik,” sebut dia.

Merujuk teori tata ruang kota dan wilayah, pergerakan dengan kendaraan pribadi akan menjadi beban masalah. Sehingga meski jalan dilebarkan, tidak dipungkiri macet akan kembali terjadi.

Menurut Emil, negara maju memiliki persentase naik transportasi publik mencapai 70 persen. Sisanya 30 persen menggunakan kendaraan pribadi.

” Namun di Indonesia masih terbalik, mayoritas masih kendaraan pribadi. Minoritas menggunakan transportasi publik” kata Emil.

Tak hanya itu, Emil berharap adanya kolaborasi antara stakeholder dan Pemdaprov Jabar dalam membangun Jabar. Bupati dan Wali Kota diminta proaktif dan bersemangat membangun daerahnya masing-masing.

(Tisna Wibawa/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here