Honje Bermanfaat Atasi 11 Masalah Kesehatan

honje inewsonline.co.id
Honje (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Kecombrang, kantan atau honje (Etlingera elatior) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Nama lainnya adalah kincung (Medan), kincuang dan sambuang (Minangkabau) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya daalaa. Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot dan keduanya bisa dipakai sambal (sambel matah).

honje inewsonline.co.id
Honje (foto web)

Honje berwarna kemerahan seperti jenis tanaman hias pisang-pisangan. Jika batangnya sudah tua, bentuk tanamannya mirip jahe atau lengkuas  dengan tinggi mencapai 5 m.

Baca Juga: 10 Manfaat Kemangi untuk Anda

Batang-batang semu bulat gilig, membesar di pangkalnya; tumbuh tegak dan banyak, berdekat-dekatan, membentuk rumpun jarang, keluar dari rimpang yang menjalar di bawah tanah.

Rimpangnya tebal, berwarna krem, kemerah-jambuan ketika masih muda. Daun  15-30 helai tersusun dalam dua baris, berseling, di batang semu, helaian daun jorong lonjong, 20-90 cm × 10–20 cm, dengan pangkal membulat atau bentuk jantung, tepi bergelombang dan ujung meruncing pendek, gundul namun dengan bintik-bintik halus dan rapat, hijau mengkilap, sering dengan sisi bawah yang keunguan ketika muda.

honje inewsonline.co.id
Honje (foto web)

Bunga dalam karangan berbentuk gasing, bertangkai panjang 0,5-2,5 m × 1,5-2,5 cm, dengan daun pelindung bentuk jorong, 7–18 cm × 1–7 cm, merah jambu hingga merah terang, berdaging, melengkung membalik jika mekar. Kelopak bentuk tabung, panjang 3-3,5 cm, bertaju 3, terbelah.

Mahkota bentuk tabung, merah jambu, hingga 4 cm. Labellum, serupa sudip, sekitar 4 cm panjangnya, merah terang dengan tepian putih atau kuning.

Buah berjejalan dalam bongkol hampir bulat berdiameter 10–20 cm; masing-masing butir 2-2,5 cm besarnya, berambut halus pendek di luarnya, hijau dan menjadi merah ketika masak.

Berbiji banyak, coklat kehitaman, diselubungi salut biji (arilus) putih bening atau kemerahan yang berasa masam.

Honje atau Bunga Kecombrang bermanfaat bagi tubuh kita.

Berikut kegunaannya:

  1. Meningkatkan Energi

Sayur Bunga Kecombrang dapat memberikan energi bagi tubuh anda.

  1. Mengobati Penyakit Campak

Salah satu cara mengobati campak secara tradisional adalah menggunakan bunga kecombrang atau honje.

  1. Menghilangkan bau badan

Bunga kecombrang mengandung beberapa zat penting yang mampu mengatasi bau keringat tak sedap, terutama disebabkan adanya minyak atsiri di dalamnya. Jadi, bahan alami ini dapat dimanfaatkan sebagai deodoran alami.

  1. Mengobati Anemia

Penyakit kurang darah dapat disembuhkan dengan mengonsumsi bunga siantan dengan teratur.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah
  2. Menguatkan Tulang

Sayur Kecombrang baik dikonsumsi oleh anak-anak di usia pertumbuhan karena mengandung kalsium dan mineral. Dengan makan sayur ini secara rutin, dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis).

  1. Mengatasi Luka Baru

Batang tanaman kecombrang memiliki sifat antimikroba yang efektif untuk mencegah infeksi pada luka. Caranya, tumbuk daun ini kemudian terapkan pada luka di kulit.

  1. Menguatkan Memori

Dengan sering menambahkan daun Kecombrang ke dalam masakan anda, berguna untuk menjaga fungsi otak sehingga daya ingat akan meningkat.

  1. Menguatkan Gigi

Kalsium dalam Kecombrang merupakan mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan gigi yang kuat dan sehat.

  1. Mencegah Dehidrasi

Kekurang cairan dalam tubuh dapat dicegah dengan mengonsumsi sayur Honje. Hal ini terkait kadar air dan mineral yang melimpah di dalamnya.

  1. Menurunkan Demam

Bunga Kecombrang ternyata dapat digunakan untuk meredakan demam dan panas pada anak-anak.

(Frima/berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here