Idul Adha, Aep Saepudin: Mari Tegakan Izzul Islam wal Muslimin

Aep Saepudin

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Idul Adha  sebuah hari Raya Islam untuk memperingati peristiwa kurban. Dimana waktu itu, Nabi Ibrahim AS menjalankan perintah Allah SWT untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail AS.

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah yang merupakan  puncaknya ibadah Haji dan dilaksanakan Salat Sunat Hari Raya Idul Adha di seluruh penjuru dunia.

Tak terkecuali DKM Amaliyah, Kampung Burung Bao-Muarasanding, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Bertindak sebagai Imam dan Khatib, Aep Saepudin yang juga Kepala SMA Al-Madinah Cibatu.

Dalam thausiyahnya, Aep mengajak masyarakat untuk rela berkurban dan berjuang demi tegaknya Izzul Islam wal Muslimin, sehingga memiliki sifat-sfat Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

“ Mudah-mudahan kita memiliki sifat Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS yang senantiasa rela berkurban dan ikhlas dalam melaksanakan perintah Allah SWT sekaligus menjauhi larangan-Nya,” harap Aep.

Menurut Aep, dari momentum Idul Adha, sedikitnya empat hikmah yang harus kita ambil. Yakni, banyak berdoa kepada Allah SWT. Sebagaimana Doanya Nabi Ibrahim yang mengharapkan Kota Makkah Al-Mukaromah menjadi kota peradaban dunia, aman, makmur dan sejahtera.

“ Hingga kini, Kota Makkah menjadi pusat kegiatan ibadah Haji sedunia setiap tahunnya. Ini tentunya mendatangkan devisa, investasi dan kesejahteraan bagi rakyat,” kata Aep.

Hikmah kedua, harus bekerja keras dalam mencapai tujuan. Seperti halnya yang dilakukan Siti Hajar yang rela pulang pergi, lari-lari kecil antara bukit sofa dan marwa hingga keluar air Zamzam.

Ketiga, rela berkurban sesuai dengan kapasitas dan jabatan kita masing-masing. Jika waktu itu  Nabi Ibrahim dituntut menyembelih anaknya Ismail. Bagi kita umat Nabi Muhammad SAW dituntut berkurban hewan peliharaan (domba, sapi dan kerbau).

“ Sementara bagi yang belum mampu, mari kita berkurban dengan tenaga, pikiran, konsep, ide dan gagasan untuk mengajak umat Islam beramar ma’ruf nahi mungkar sesuai kafasitas dan keahliannya masing-masing,” ajak Aep.

Terakhir, sabar dalam menghadapi cobaan, rintangan, gangguan dan cobaan serta selalu meminta perlindungan Allah SWT.

“ Hanya kepada Allah SWT kami menyembah dan memohon pertolongan. Niatkan segala perbuatan dan ibadah kita hanya karena Allah SWT,” pungkasnya.

(Frima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here