Ini Dia 15 Manfaat Teknologi

teknologi inewsonline.co.id
Ilustrasi (Foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Perkembangan teknologi di era digital tumbuh semakin cepat. Secara tidak langsung penggunaannya meningkat tajam.

Teknologi adalah suatu sarana atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. Oleh karena itu menjadi sangat penting di era jaman now. Terlebih serba digital yang berkembang pesat.

Baca Juga: Pemkab Garut Lakukan Inovasi Buka Pangsa Pasar bagi Petani

Dulu, proses penyebarluasan informasi kepada khalayak luas dilakukan secara tradisional. Kini di era informasi dan digital prosesnya jauh lebih canggih. Informasi pun dapat dikirimkan dalam berbagai macam bentuk. Baik itu teks, gambar hingga audio visual.

Tentu perkembangan teknologi memberikan manfaat dan dampak yang besar bagi kehidupan manusia.

teknologi inewsonline.co.id
Ilustrasi (Foto Web)

Manfaat Teknologi

  1. Komunikasi Cepat dan Mudah

Teknologi memudahkan dan mempercepat komunikasi. Kehadirannya telah menimbulkan revolusi komunikasi di seluruh dunia.

Melalui koneksi internet yang cepat, kita dapat berkomunikasi melalui surat elektronik, konferensi video, dan lain-lain secara cepat sehingga menghemat waktu dan biaya.

  1. Memudahkan Akses Informasi

Dengan teknologi, Kita dapat mengakses dan memperoleh informasi kapan pun dan dimana pun. Kemudahan mengakses informasi memberi dampak pada semakin meningkatnya pengetahuan yang kita miliki.

  1. Mempersingkat Waktu dan Menghemat Biaya

Dalam dunia industri, waktu dan biaya sangat penting dalam produksi. Tempo dulu produksi dilakukan secara manual serta membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit karena sepenuhnya bergantung pada tenaga manusia.

teknologi inewsonline.co.id
Ilustrasi (Foto Web)

Produksi dapat dilakukan setiap hari, cepat dan biaya pun dapat dipangkas.

  1. Perdagangan Secara Elektronik

Seiring dengan perkembangan jaman, perdagangan kini dapat dilakukan secara elektronik atau e-commerce yang memegang peran sangat penting dalam ekonomi.

  1. Transaksi Daring

Terkait dengan perdagangan secara daring, proses transakasi pun kini dapat dilakukan secara daring. Hal ini dapat kita temui dalam sistem perbankan. Proses transaksi dapat dilakukan selama 24 jam, kapan dan dimana pun.

  1. Komunikasi Pembelajaran Menarik

Saat ini, berbagai media pembelajaran yang berbasis komputer dan internet mulai digunakan di dunia pendidikan (e-laerning). Kegiatan belajar mengajar tidak lagi hanya terjadi di ruang kelas namun dapat dilakukan secara daring.

Dengan e-laerning, berbagai materi pembelajaran pun disajikan secara multimedia lebih modern karena memiliki kemampuan untuk memantau kegiatan pembelajaran jarak jauh secara real-time.

  1. Membantu proses komunikasi pemerintahan

Berbagai sistem pemerintahan di seluruh dunia mulai menggunakannya untuk menyuguhkan akses kepada masyarakat untuk memperoleh informasi pemerintah yang dikenal dengan e-government.

Hak warga negara untuk memperoleh informasi yang jelas, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan pun dapat terpenuhi.

  1. Komunikasi tanpa Batas

Kehadiran internet telah memberikan pengaruh pada komunikasi antarmanusia sebagai faktor pendukung komunikasi online telah membuat komunikasi dan informasi menjadi tanpa batas.

Kita dapat mengetahui informasi tentang berbagai peristiwa di seluruh dunia dan berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia.

  1. Berbagi informasi secara efektif

Semakin berkembang mengakibatkan semakin mudahnya kita saling bertukar informasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Orang-orang dapat saling berbagi dan bertukar informasi, pendapat, atau berita melalui diskusi kelompok atau forum-forum daring lainnya.

  1. Buka Peluang Bekerja secara Daring

Bekerja secara daring atau bekerja jarak jauh adalah salah satu manfaatnya. Kini, banyak sekali orang lebih menyukai untuk bekerja secara daring karena mempertimbangkan berbagai hal. Terlebih ditengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

  1. Membentuk Komunitas Virtual

Istilah komunitas virtual atau komunitas online meliputi sekelompok orang yang berkomunikasi melalui jejaring sosial, forum, layanan pesan instan, atau pun blog. Selain sebagai wadah kreatifitas dan saling berbagi informasi, komunitas virtual dapat mempererat silaturahmi di antara anggota kelompok.

  1. Pangkas Biaya Komunikasi

Setiap orang dapat berkomunikasi dengan siapa pun, dimanapun dan kapan pun. Untuk berkomunikasi jarak jauh, sepanjang terhubung dengan internet, dapat dilakukan melalui berbagai layanan.

  1. Terciptanya Alat Modern

Berdampak pada ditemukannya berbagai peralatan yang modern. Alat-alat ini tentu sangat bermanfaat dan membantu kehidupan manusia di berbagai bidang jika digunakan sesuai dengan fungsinya.

  1. Terciptanya Lingkungan tanpa Kertas

Semakin pesat, secara tidak langsung telah menciptakan lingkungan tanpa kertas. Artinya, berbagai informasi kini tidak lagi disimpan dalam bentuk hardcopy melainkan softcopy.

Semakin sedikit jumlah kertas yang digunakan maka lingkungan hidup pun akan akan semakin terjaga seiring dengan semakin terjaganya ekosistem hutan akibat semakin sedikitnya  jumlah pohon yang ditebang sebagai bahan utama pembuatan kertas.

  1. Lingkungan Lebih Terjaga

Semakin pesat tentu akan berdampak pada semakin banyaknya jumlah perangkat baru yang diproduksi.

Orang-orang pun cenderung akan membeli produk baru yang canggih untuk menunjang pekerjaannya. Hal ini berdampak pada tidak lagi digunakannya perangkat lama karena tidak sesuai dengan kebutuhan. Akibatnya perangkat lama tersebut akan dibuang.

Agar tidak merusak lingkungan, kini berbagai komponen komputer atau perangkat lainnya dapat didaur ulang. Banyak sekali perusahaan yang memberikan layanan untuk mendaur ulang komputer agar aman dibuang atau dijual dalam bentuk baru.

Dampaknya: 

Kemajuan zaman yang semakin hari semakin cepat ini tentunya membuat banyak perubahan terhadap sebuah negara tidak terkecuali di Indonesia. Tentu berdampak pada kehidupan. Diantaranya:

Masuknya budaya luar yang tidak mudah untuk diterima oleh anak di Indonesia,Penggunaan gadget yang berlebihan dapat merusak perkembangan otak anak serta kurangnya orang-orang bersosialisasi.

Dari beberapa hal tersebut, menimbulkan hal yang positif dan negatif. Untuk dapat menekan hal negatif yang dapat mempengaruhi diri kita sendiri adalah kita harus mengelolanya dengan baik.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here