Ini Dia 5 Manfaat Makan Pisang

pisang inewsonline.co.id
Pisang (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.

Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah ini memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam.

pisang inewsonline.co.id
Pisang (foto web)

Baca Juga: Honje Bermanfaat Atasi 11 Masalah Kesehatan

Buah ini sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia  (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis.

Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembab, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, dapat berlangsung tanpa mengenal musim.

Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika latin konon dikenal sangat tinggi mengonsumsi buah ini setiap tahunnya.

pisang inewsonline.co.id
Pisang (foto web)

Pada masa sekarang dianggap merupakan keturunan dari Musa Acuminata yang diploid dan tumbuh liar.

Genom yang disumbangkan diberi simbol A. Persilangan alami dengan Musa Balbisiana memasukkan genom baru, disebut B, dan menyebabkan bervariasinya jenis-jenis pisang.

Pengaruh genom B terutama terlihat pada kandungan tepung pada buah yang lebih tinggi. Secara umum, genom A menyumbang karakter ke arah buah meja (banana), sementara genom B ke arah buah banana olah/masak (plantain). Hibrida M. acuminata dengan M. balbisiana ini dikenal sebagai M. ×paradisiaca. Khusus untuk Kelompok AAB, nama Musa sapientum pernah digunakan.

Mengikuti anjuran Simmonds dan Shepherd yang karyanya diterbitkan pada tahun 1955, klasifikasi banana budidaya sekarang menggunakan nama-nama kombinasi genom ini sebagai nama kelompok budidaya (cultivar group).

pisang inewsonline.co.id
(foto web)

Sebagai contoh, untuk banana Cavendish, disebut sebagai Musa (AAA group Dessert subgroup) ‘Cavendish’. Di bawah kelompok masih dimungkinkan pembagian dalam anak-kelompok (subgroup).

Berikut manfaatnya:

  1. Menjaga tekanan darah

Banana mengandung potasium dalam jumlah yang cenderung tinggi. Hal tersebut yang bisa menyebabkan tekanan darah berada di angka yang terbilang normal. Kalau tekanan darah sudah normal, satu-dua penyakit seperti anemia ataupun darah tinggi pun jadi punya kesempatan yang minimal untuk menyerang.

  1. Melancarkan pencernaan

Ternyata mangga bukan satu-satunya buah yang punya kadar serat tinggi. Pisang pun ternyata mengandung kadar serat yang terbilang tinggi, sehingga bisa membantu dalam hal pelancaran pencernaan.

Selain itu, memakan pisang pun bisa membuatmu jadi selalu merasa kenyang, sehingga tak makan berlebih.

  1. Bantu menciptakan sel baik untuk tubuh

Karena kaya akan vitamin B6 yang bisa membantu produksi sel baik untuk tubuh, seperti insulin dan hemoglobin. Maka, potensimu untuk terserang penyakit pun akan berkurang karena produksi sel metabolisme tubuh yang kian meningkat.

  1. Kaya akan vitamin C

Selain vitamin B6 yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme, pisang juga mengandung vitamin C. Mungkin kamu juga sudah tahu kalau vitamin C adalah salah satu aspek penting dalam tubuh yang mengandung antioksidan. Hal tersebut berguna untuk melawan radikal bebas yang hendak masuk ke tubuh.

  1. Meningkatkan mood dan membuatmu lebih ceria

Memberikan sekitar 27 miligram potasium ke dalam tubuh itu bisa memberi dampak baik, seperti meningkatkan mood dan membuatmu punya kualitas tidur yang baik. Kalau sampai kekurangan potasium, maka kemungkinan untuk merasakan kecemasan berlebih dan depresi pun meningkat.

(Frima/berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here