Ini Dia 8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan dan Kecantikan

kurma inewsonline.co.id
Foto. Web

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Kurma, nama latin (Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia.

Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda.

Baca Juga: 13 Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan dan Kecantikan

Daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohonnya diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir.

Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia.

Lalu diperkenalkan di Mexico dan California, di sekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Berikut manfaat untuk kesehatan dan kecantikan:

  1. Mencegah Anemia

Kandungannya kaya akan zat besi yang tinggi sangat ampuh mencegah anemia. Anda yang memiliki kecenderungan darah rendah disarankan untuk mengonsumsi secara teratur.

Kandungan zat besi yang ada di buah ini bisa menggantikan zat besi yang hilang di tubuh. Selain itu ber manfaat untuk tubuh lainnya adalah mengurangi perasaan lelah dan lesu.

      2. Memelihara Kesehatan Jantung

Mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk jantung. Selain zat besi kandungan lainnya adalah magnesium yang bisa membantu tekanan darah. Buah ini juga mengandung kallium yang berfungsi menurunkan tekanan darah.

     3. Mengurangi Kadar Kolestrol

Buah yang kecil ini ternyata juga bisa mengurangi kadar kolestrol jahat di dalam tubuh. Mengonsumsi secara teratur bisa mengurangi tingkat kolestrol LDL dalam tubuh.

     4. Memperbaiki Sel Kulit Rusak

Buah ini ternyata juga memiliki kandungan asam panthothenic yang termasuk dalam kelompok vitamin B. Asam panthothenic ini berfungsi efektif mencegah kerusakan kulit yang dipicu radikal bebas. Kulit akan terasa lebih kenyal dan bersinar setelah kamu rutin mengonsumsinya.

     5. Menjaga Elastisitas Kulit

Juga bisa menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C pada buah ini bisa mengatasi dua masalah kulit yang sering dialami oleh wanita.

      6. Mencegah Diabetes

Buah ini memiliki kandungan gula alami yang baik untuk tubuh. Kandungan serat dalam kurma ternyata malah bisa membantu mengontrol gula darah. Penelitian ini pernah diterbitkan di Nutrition Journal tahun 2011 dalam penelitian ini kurma memiliki kandungan yang bisa mencegak meningkatkan kada gula darah setelah dimakan.

      7. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan serat dalam kurma yang cukup tinggi dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harianmu. Mengonsumsi 2 buah kurma setiap hari bisa melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan siste pencernaan. Kurma ini juga bisa mengatasi sembelit, diare, bahkan mengurangi risiko kanker usus.

      8. Membantu Mengatasi Kebotakan

Bukan hanya buahnya saja, manfaat biji kurma juga ternyata baik untuk mengatasi kebotakan. Banyak percaya kalau biji kurma ini bisa mengatasi kebotakan dengan cara yang alami. Anda hanya perlu mencampurkan biji kurma yang sudah dibersihkan dengan miyak zaitun.

Kurma juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan mempertahankan imun tubuh.

(Frima/Fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here