Ini Loh 10 Makanan Nusantara Khas Bulan Ramadhan

ramadhan inewsonline.co.id
Makanan khas Ramadhan (foto web)

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Saat buka puasa (Ramadhan) dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis. Tujuannya, agar badan kembali bugar setelah seharian penuh menahan lapar dan haus.

Tradisi buka puasa, Takjil biasanya disajikan makanan pembuka yang bersifat ringan. Tidak hanya Kurma yang menjadi makanan wajib saat membatalkan puasa. Ternyata masih banyak aneka takjil yang menjadi ciri khas setiap daerah.

Baca Juga: 3 Cara Mudah agar Ular tidak Masuk Rumah

Berikut beberapa aneka Takjil:

  1. Kolak

Kolak adalah makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan dan gula aren. Kuliner khas ini biasanya identik dengan datangnya bulan Ramadhan.

ramadhan inewsonline.co.id
Kolak (foto web)
  1. Cendol

Cendol merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan gula merah, santan dan es batu yang diserut sebagai pelengkap. Di Jawa Tengah akrab disebut Es Dawet.

ramadhan inewsonline.co.id
(foto web)

Dalam bahasa Sunda asal muasal kata cendol ini merujuk dari kata “jendol” yang artinya muncul atau “ngajendol” yakni ada butiran yang muncul ketika masuk ke mulut seperti agar-agar.

  1. Cincau

Cincau adalah agar-agar yang diolah dari dedaunan. Cincau sendiri merupakan kuliner akulturasi dari Cina (xiancao atau sienchau) dalam bahasa asalnya sendiri Cincau adalah nama tumbuhan Mesona.

ramadhan inewsonline.co.id
(foto web)

Cincau ini juga memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Daun ini mengandung zat anti protozoa, tetrandine, alkaloid dll yang berfungsi sebagai anti malaria, obat panas, demam, panas dalam, vertigo, hipertensi, maag dan konon juga sebagai zat anti kanker.

Baca Juga: 12 Rahasia Cincau, Nomor 10 Luar Biasa

  1. Mie Glosor

Setiap bulan Ramadhan tiba, mie glosor selalu menjadi menu tajil berbuka puasa di kota Bogor. Bulan puasa identik dengan mie glosor karena hampir semua orang mencari menu yang satu ini.

ramadhan inewsonline.co.id
Makanan khas Ramadhan (foto web)

Dari namanya saja makanan yang satu ini sudah membuat penasaran orang untuk mencobanya. Mie glosor sekilas sama dengan mie kuning yang sering kita jumpai. Yang membedakan hanya bahan bakunya. Jika mie kuning biasa terbuat dari tepung terigu, maka mie glosor ini  menggunakan adonan tepung sagu atau aci dan tambahan kunyit untuk membuat warnanya menjadi lebih  kuning.

  1. Sate Susu

Sate susu ini adalah salah satu kuliner ramadhan khas Bali. Sate susu ini mungkin kurang familiar tetapi sesungguhnya diambil dari bagian susu sapi ini dipercaya punya khasiat untuk menambah stamina, seperti minum susu.

ramadhan inewsonline.co.id
(foto web)

Untuk menambah kenikmatannya, sate susu akan dihidangkan bersama sambal plecing khas Bali. Sate ini dipercaya juga dapat memberi tenaga yang cukup bagi yang mengonsumsi sehingga cocok disantap saat bedug magrib alias buka puasa.

  1. Bongko Kopyor

Kuliner tradisi ramadhan ini  dari Gresik menjadi hidangan khas yang disajikan saat berbuka. Bangka Kopyor (Bubur Nangka dan Kelapa Kopyor), demikian nama hidangan tersebut.

ramadhan inewsonline.co.id
(foto web)

Menu kuliner spesial ini dibuat menggunakan bahan baku tepung terigu, buah kelapa, pisang, nangka, santan kelapa, dan roti tawar. Bangka Kopyor hingga kini masih menjadi menu spesial yang biasanya hanya ada di bulan Ramadhan.

  1. Kicak

Kicak berasal dari kota keraton Yogyakarta. Kicak adalah salah satu makanan yang sangat khas dan cukup populer di bulan puasa. Kuliner  khas  ramadhan ini hanya bisa dijumpai saat bulan puasa.

ramadhan inewsonline.co.id
(foto web)

Biasanya, menu makanan ini banyak dijajakan di daerah Kauman yang merupakan asal muasal makanan ini dibuat.

Makanan Kicak menggunakan bahan dasar beras ketan. Ketan yang sudah ditanak kemudian dihaluskan sehingga mirip dengan jadah atau gemblong. Kemudian dicampur kelapa parut dan potongan buah nangka sebagai pelengkapnya.

Rasa manis dan aroma wangi nangka membuat penganan ini makin enak. Apalagi penyajiannya dibungkus dengan daun pisang

  1. Pakat

Pakat adalah makanan khas yang hanya dapat dijumpai di kota Medan selama bulan Ramadhan Makanan ini berasal dari rotan. Namun tentu saja bukan rotan yang biasa Anda lihat untuk membuat anyaman, karena rotan yang digunakan di sini adalah rotan yang berusia muda.

ramadhan inewsonline.co.id
(foto web)

Untuk membuat pakat terbilang sederhana, rotan – rotan muda yang telah dipotong – potong ukuran 1 centimeter dibakar diatas tungku selama sekitar 1 jam. Setelah dipastikan masak, rotan muda dikupas dan diambil bagian dalamnya berwarna putih.

Daging rotan kemudian dipotong – potong berukuran 5 centimeter. Untuk menambah kenikmatan, rotan muda kemudian dibubuhi dengan santan.

  1. Ketan Bintul

Ketan bintul adalah kuliner khas bulan puasa dari Kota Serang, Banten. Ketan bintul ini berbahan baku nasi ketan yang dihaluskan, disajikan bersama sepotong daging sapi berikut gulainya.

ramadhan inewsonline.co.id
(foto web)

Konon, Ketan Bintul sudah ada sejak 15 abad yang lalu. Doeloe, menjadi makanan kesukaan para raja Banten. Bahkan dikabarkan, merupakan makanan kegemaran Sultan Maulana Hasanuddin, seorang pangeran yang menjadi panutan masyarakat kerajaan Banten pada waktu itu.

  1. Kolang Kaling

Kolang-kaling adalah nama cemilan berbentuk lonjong transparan yang berasal dari biji pohon aren (Arenga Pinnata) yang berbentuk pipih dan mempunyai getah.

Kolang-kaling ini memiliki kadar air yang sangat tinggi, protein, karbohidrat abu dan serat kasar. Selain itu, mempunyai manfaat memperlancar pencernaan manusia.

ramadhan inewsonline.co.id
Makanan khas Ramadhan (foto web)

Kolang-kaling ini biasanya diolah sebagai makanan ringan yang diolah dengan sirup, pewarna dan gula. Kuliner satu ini juga menjadi favorit disetiap puasa dan idul fitri.

(Frima/berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here