Ini Loh 10 Menu Khas Lebaran yang Lezat

Opor Ayam (Foto Web)

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Idul Fitri atau Lebaran menjadi sebuah momen untuk merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa (menahan lapar, haus dan hawa nafsu).

Saat Lebaran, berbagai hidangan dimasak sebagai ucapan rasa syukur. Jenis makanan yang selalu tersaji diantaranya, ketupat sayur, rendang, opor dan sambal kentang.

Baca Juga: Talas Dipercaya Bisa Cegah Diabetes

Berikut beberapa makanan khas lebaran:

  1. Opor Ayam

Olahan ayam termasuk hidangan yang banyak difavoritkan oleh semua kalangan. Hidangan berkuah santan ini memiliki sensasi rasa yang gurih dan nikmat sehingga cocok dihidangkan bareng ketupat ataupun nasi.

  1. Rendang daging sapi atau ayam

Rendang  juga merupakan hidangan khas lebaran yang cukup populer sepanjang masa. Anda bisa memilih daging sapi atau ayam untuk bahan rending, karena keduanya memiliki rasa yang sama nikmatnya.

  1. Sambal goreng udang atau hati

Ketupat juga enak dihidangkan bersama hidangan pelengkap, seperti :sambal goreng. Untuk sambal goreng, Anda bebas memilih bahannya, mau udang maupun hati. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan bahan lain, seperti kentang, telur puyuh, kikil dan lainnya.

Sambal Udang (Foto Web)
  1. Sate daging (sapi, ayam atau daging)

Sate juga termasuk hidangan khas lebaran yang popular sepanjang masa. Sate paling nikmat disajikan bersama ketupat. Anda bisa memilihnya, ayam, kambing atau sapi. Bumbu kacang yang nikmat dan daging yang gurih akan membuat hidangan ini laris manis saat lebaran.

Sate (Foto Web)
  1. Soto Daging Ayam

Soto juga termasuk satu hidangan khas lebaran yang cukup popular. Hampir setiap wilayah memiliki resep soto khas yang menggugah selera

  1. Gulai ayam/kambing/sayuran

Menu gulai juga termasuk hidangan khas lebaran yang cukup popular. Gulai bisa dibuat dari bahan apa saja sesuai selera. Baik daging kambing, ayam maupun sayuran. Gulai sangat cocok dihidangkan bareng ketupat, lebih lagi jika dilengkapi sate.

  1. Lodeh

Meski sederhana, namun lodeh juga termasuk hidangan khas lebaran yang populer. Lodeh nikmat disandingkan bareng ketupat dan tentunya bersama lauk favorit lainnya. Semisal, ayam goring, ikan goring atau yang lainnya.

  1. Dendeng Daging

Jika Anda merasa bosan dengan menu lebaran yang berbumbu tebal, berkuah dan bersantan, kenapa tidak coba menu lainnya yang tak kalah nikmatnya? Yup, dendeng daging bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati lauk kering nan nikmat.

  1. Telur Balado

Jika  Anda kurang suka olahan daging sapi maupun ayam, kenapa tidak coba menikmati olahan telur? Telur balado, besengek telur, bali telur, dan lainnya bisa menjadi pilihan yang pas mendampingi ketupat.

Gado-gado (Foto Web)
  1. Gado-gado

Anda pecinta salad? Jika ya, coba saja hidangan salad khas Jawa, yakni gado-gado. Makanan yang terdiri dari beragam sayuran, telur, tempe, tahu dan emping serta saus kacang ini memiliki citarasa yang gurih dan nikmat.

(Shen/BF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here